Sosialisasi Pembuatan Surat Nikah Gratis Minim

  • Bagikan
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) SURAT NIKAH: Berlangsungnya pernikahan di KUA tidak dikenakan biaya.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sosialisasi program pembuatan surat nikah secara gratis di Kabupaten Sampang minim. Diketahui sejumlah masyarakat tidak mengetahui jika menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Operator KUA Kecamatan Sampang Ismail menyampaikan, bagi calon pasangan suami istri yang akan melangsungkan pernikahan di KUA dan masuk pada jam kerja tidak dikenakan biaya sepeser pun. Kebijakan tersebut berlaku di seluruh Indonesia dan sudah berlangsung lama. Tetapi, untuk dapat menerima program gratis tersebut semuanya harus diatur oleh kantor, seperti jam dan tanggal pelaksanaannya.

Ditambahkannya, jika pernikahan itu dilakukan di luar KUA dan di luar jam kerja dikenakan biaya administrasi sebesar Rp600.000. Uang tersebut merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan nantinya langsung disetorkan kepada pemerintah pusat melalui perbankan.

“Kalau menikah di kantor saat jam kerja itu gratis, kalau diluar jam kerja, dan dipanggil ke rumah mempelai itu biaya administrasinya Rp600.000,” ungkapnya, Senin (23/11/2020).

Selain itu, proses dalam penerbitan buku nikahnya tersebut sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama, seperti apa yang dirasakan oleh sebagian masyarakat di Sampang. Sebab, secara prosedur sejak mendaftar hingga terbitnya buku nikah itu hanya membutuhkan waktu 10 hari kerja.

Menurutnya, tambah Ismail, waktu tersebut jika persyaratannya lengkap. Seperti surat pindah kawin, surat kehendak nikah, persetujuan kedua mempelai, persetujuan dari kedua orang tua dan persyaratan lainnya.

“Untuk formulir persyaratannya sudah disediakan oleh pihak desa dan kelurahan. Kemudian diajukan ke kami, tapi kalau tidak lengkap akan kami kembalikan,” imbuhnya.

Disinggung soal pembuatan surat nikah secara gratis, dirinya mengakui kalau masih minim yang memanfaatkan. Terbukti, berdasarkan catatannya dari awal januari hingga saat ini hanya ada tujuh orang yang menikah secara gratis di kantor KUA.

Baca juga  Meneladani Sosok Hobairi, Lalui Tantangan Hidup Tanpa Sosok Ayah

“Sampai sekarang yang gratis itu hanya 7, sedangkan yang bayar 862,” tukasya. (mal/mam)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan