Sosialisasi Vaksinasi Siswa di Sumenep Perlu Dioptimalkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZINAN) GENERASI BANGSA: Pelaksanaan vaksinasi untuk siswa di Kabupaten Sumenep perlu dilakukan sosialisasi hingga tingkat pelosok.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Persiapan menuju pembelajaran tatap muka (PTM) seluruh siswa di Sumenep diwajibkan mengikuti vaksinasi. Bahkan, sudah dijadwalkan secara bergilir untuk sekolah menengah akhir (SMA) sederajat dibawah naungan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) maupun Kementerian Agama (Kemenag).

Hanya saja, penerapan tersebut gagal terlaksana. Terutama, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep. Salah satu indikasinya, pemberitahuan dari pihak polres selaku penyelenggara vaksinasi terlalu mendadak. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Sumenep Mohammad Shodik, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, selain informasi vaksinasi dadakan, siswa dan orang tua masih khawatir dengan dampak setelah divaksin. Sebab, mereka masih belum diberikan informasi dan edukasi secara inten. “Ya demikian alasannya, padahal itu kan bentuk dari ikhtiar pemerintah, tetapi mau bagaimana lagi masyarakat masih ketakutan, sehingga siswa-siswa itu tidak datang,” ujarnya.

Shodik mengaku, sikap yang dilakukan orangtua dan siswa merupakan sesuatu hal yang lumrah atau wajar di tengah isu hoaks pelaksanaan vaksinasi. Namun, untuk pelaksanaan ulang masih akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder. “Apalagi di pelosok nanti, di negeri pun kemarin masih didominasi yang tidak ikut vaksin. Kami coba sosialisasikan lagi nanti,” janjinya.

Sementara itu, Kabag Humas Polres Sumenep Akp Widiarti menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi yang terjadwal di MAN Sumenep bukan gagal, tetapi bakal ditunda. Sebab, untuk pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bergantian ke setiap sekolah. Seluruh siswa di setiap sekolah harus mengikuti vaksinasi. Sehingga, aman dari wabah Covid-19 utamanya di kalangan pelajar.

“Bukan gagal, tetapi ditunda. Mengenai kapan, kami koordinasikan dengan pihak sekolah nanti,” responnya. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *