oleh

SPP Gratis di Sumenep Terkendala Persyaratan

Kabarmadura.id/Sumenep-Program sekolah tanpa sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), sudah dinyatakan berlaku bagi setiap sekolah. Namun, program bernama pendidikan gratis dan berkualitas (TisTas) tersebut, belum bisa dilaksanakan sekolah lantaran anggarannya belum cair.

Kepala Cabang Disdik Jatim Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso menyampaikan, pencairan SPP masih menunggu data sekolah masuk ke Pemprov Jatim. Sebab, saat ini banyak yang tidak tercover.

“Untuk Sumenep yang akan mendapatkan SPP gratis nantinya sebanyak 114 sekolah yang terdiri dari SMK/SMA,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Namun di Sumenep tercatat ada 165 SMA/SMK. Mengenai besaran SPP, untuk SMA sebesar Rp70 ribu, sedangkan untuk SMK nonteknik sebesar Rp110 ribu, kemudian untuk SMK teknik sebesar Rp135 ribu.

“Kami masuh belum mengetahuai secara pasti terkait bantuan gratis sepenuhnya dari Pemprov Jatim,” ujarnya.

Agar segera mendapatkan SPP gratis, pihak sekolah harus segera melengkapi persyaratan, salah satunya rekening bank.

Harapannya, sekolah tidak mengisi data fiktif dalam pengajuan bantuan tersebut. Di antaranya, tidak melakukan mark-up jumlah siswa. Sebab nanti akan diketahui saat laporan pertanggungjawaban.

“Mulai saat ini sekolah tingkat SMK/SMA tidak boleh menarik SPP pada siswanya,” tuturnya. (imd/waw)

 

 

 

Komentar

News Feed