oleh

Sudah Berusia 8 Tahun, Poltera Banyak Ciptakan Lulusan Kompeten dan Profesional

KABARMADURA.ID, Sampang –Sidang terbuka Politeknik Negeri Madura (Poltera) Dies Natalis ke-8 sukses digelar di Sasana Pertemuan Gedung A Poltera, Rabu (11/11/2020). Pada momentum tersebut, kampus yang sudah melahirkan mahasiswa berprestasi itu komitmen menciptakan lulusan berkompeten dan profesional.

Sidang terbuka ke-8 ini, Poltera mengusung tema “Poltera Kuat, Menguatkan Indonesia”. Dengan lulusan berkualitas, Poltera menopang kemajuan bangsa. Sehingga pada ulang tahun kali ini, salah satu perguruan tinggi teknik di Madura ini bertekad terus menciptakan lulusan profesional.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Politikus muda itu sekaligus menyampaikan orasi ilmiah secara virtual. Kegiatan yang disiarkan langsung melalui akun youtube resmi Poltera itu, juga diikuti oleh Direktur Poltera Dr. Arman Jaya dan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Selain itu, sejumlah pejabat teras di Kabupaten Sampang juga hadir. Di antaranya, kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang Nor Alam serta kepala SMK Negeri se Madura.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemkab Sampang, Dinas Pendidikan Sampang dan SMK se-Madura. Mereka komitmen melakukan kerja sama untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Bahari. Sementara untuk mahasiswa disediakan siaran langsung untuk mengikuti jalannya sidang dies natalis ke-8.

Direktur Poltera, Dr. Arman Jaya menyampaikan, Dies Natalis ke 8 kali ini bernuansa beda, karena adanya wabah Covid-19. Kendati demikian,tidak mengurangi semangat dan kerja sama antar pihak terkait untuk menyukseskan kegiatan tahunan tersebut.

“Kami terus berkomitmen lebih meningkatkan kualitas mahasiswa. Sehingga melahirkan lulusan berkompeten dan profesional,” ucap Arman.

Dikatakan, bertambahnya usia Poltera, maka pihaknya semakin serius membenahi kekurangan. Mulai dari sarana-prasarana, tenaga pendidik dan fasilitas pendukung terus dibenahi.

“Mulai dari kelengkapan sarana dan prasarana sudah berkembang. Alhamdulilah untuk kebutuhan dosen pendidik di setiap jurusan sudah terpenuhi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” tambahnya.

Arman Jaya menambahkan, selain kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia, Poltera juga melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan terkemuka di negeri ini. Itu dilakukan untuk memberikan peluang besar kepada lulusannya untuk didistribusikan.

“Poltera menerapkan teori 40 persen dan sisanya 60 persen praktek. Kami berperan menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan siap bekerja dengan profesional,” imbuh Arman.

Sementara Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, kebanggaannya terhadap Poltera yang melahirkan banyak mahasiswa berprestasi. Pihaknya berharap pada momentum dies natalis tersebut, Poltera terus berkembang melahirkan generasi bangsa yang hebat bermartabat.

“Kampus ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sampang. Sebab, di sini terdapat sebuah institusi pendidikan tinggi negeri yang fokus pada pengembangan pendidikan vokasi,” katanya.

Dikatakannya, seiring dinamika dan tantangan zaman, eksistensi pendidikan vokasi makin diperhitungkan. Baik di dunia kerja dan industri yang lebih memilih melirik SDM yang siap kerja dan berkompetensi,” katanya.

“Yang jelas masyarakat madura terus menantikan kiprah dan kontribusi Poltera untuk kemajuan rakyat di Madura, khususnya Kabupaten Sampang,” harapnya. (km54/waw)

 

 

Komentar

News Feed