Suguhkan Keindahan Wisata Sawah Asli Pedesaan

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Selain memanfaatkan potensi yang terkandung di Bukit Brukoh, Pemdes Bajang juga memaksimalkan potensi yang dimiliki desa dengan luas 157 hektare tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan sektor pertanian yang dikembangkan menjadi Wisata Sawah.

Kades Mokri menegaskan, setelah melalui musyawarah dengan sejumlah elemen di desa, Pemdes Bajang menjadikan tanah kas desa berupa area persawahan menjadi destinasi wisata baru di Pamekasan. Dengan mengangkat tema Wisata Sawah, Pemdes Bajang menyajikan keindahan area persawahan kepada masyatakat luas.
Saat ini, berbagai infrastruktur penunjang untuk mempercantik area persawahan menjadi wisata desa unggulan mulai dibangun. Sejumlah gazebo dan spot-spot bagi pelancong sudah didirikan.

Bacaan Lainnya

Diakuinya, infrastruktur yang dibangun juga didukung oleh Pemkab Pamekasan.
Meski belum 100 persen sempurna, Pemdes Bajang berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan wisata sawah tersebut. Taman bunga, kolam renang, hingga spot wisata air di sepanjang aliran sungai di desa, hingga pembangunan café sawah masuk dalam masterplan pengembangan wisata sawah.

“Alhamdulillah berkat inovasi di sektor wisata, Desa Bajang lebih dikenal oleh masyarakat umum. Tentu hal itu juga akan berimbas terhadap ekonomi warga kami,” terangnya.

Selain mengembangkan fasilitas di lokasi wisata, Pemdes Bajang juga berupaya meningkatkan infrastruktur penunjang di dua lokasi wisata yang direncanakan akan menjadi wisata desa terintegrasi.
Nantinya, lanjut Mokri, di dua lokasi wisata alam memiliki satu jalur. Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Brukoh bisa langsung menikmati keindahan wisata sawah.

Lebih dari itu, Mokri akan membangun akses khusus untuk menambah kenyamanan pengunjung.

“Kami berharap Pemkab Pamekasan, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat, bisa bersinergi mewujudkan impian kami (pemdes dan warga, red) memajukan Desa Bajang,” harapnya.

Mokri mengakui sejauh ini masih ada keterbatasan dalam pembangunan fasilitas yang belum maksimal itu. Oleh karenanya, Mokri saat ini memilih untuk lebih gencar melakukan promosi tentang potensi yang dimiliki Desa Bajang.

Berbagai cara dilakukan Pemdes Bajang untuk melakukan promosi potensi desa berupa wisata alam Bukit Brukoh dan Wisata Sawah. Tidak terkecuali dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi.

Hal itu dilakukan untuk mewujudkan tujuan awal Pemdes Bajang menjadi desa wisata unggulan di Kabupaten Pamekasan. Dirinya berkeyakinan, jika hal itu terwujud, Desa Bajang bisa menjadi desa mandiri.

Tentunya, lanjut Mokri, hal itu akan terwujud dengan support pemerintah. Sebab, jika Pemdes Bajang bergerak sendiri, pembangunan dan pengembangan yang sudah tertuang dalam masterplan akan berjalan lamban.

“Alhamdulillah sedari awal Pemkab Pamekasan telah mendukung upaya kami dalam mengembangkan potensi desa. Kami beraharap support ini bisa ditingkatkan lagi, baik dari kabupaten, provinsi, hingga pusat,” pungkasnya. (pin/nam/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *