Sukses Jadi Penjhit Profesional Berkat Mengikuti Pelatihan BLK

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) IMPLEMENTASIKAN:Kembangkan ilmu dan keterampilan menjahit yang diperoleh saat pelatihan BLK.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Sukriyah merupakan warga asal Desa Pengelan Kecamatan Sampang saat ini telah menjadi penjahit profesional setelah beberapa tahun bekerja kepada orang lain sebagai penjahit lokal. Nasib beruntung ia dapatkan setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemkab di Balai Latihan Kerja (BLK) Sampang.

Pasalnya, setelah ikut pelatihan tahun 2018 mengimplementasikan ilmu yang didapat. Ahlasil, perkembangannya sangat signifikan. Sebab, yang awalnya hanya jadi kuli, saat ini sudah menjadi pemilik usaha menjahit terbesar di wilayahnya.

“Awalnya saya jadi kuli penjahit di Sampang, tapi sekarang alhamdulillah sudah punya sendiri, dan itu cara saya mengimplementasikan ilmu yang didapat saat ikut pelatihan,” tuturnya kepada Kabar Madura, Senin (5/7/21).

Lebih lanjut ia menceritakan, awal mula buka usaha penjahit itu hanya bermodal satu mesin. Namun, uang hasil dari ongkos jahitannya dikumpulin, sehingga bisa menambah mesin. Sebelumnya, pemesanan jahitan, baik baju, celana dan lain-lain sampai tidak dapat dikelola. Tetapi, sebagai upaya kerja sama, pemesanan tetap diterima, namun nanti dikerjakan oleh teman sebayanya disaat ikut pelatihan.

“Alhamdulillah, sekarang ada tiga mesin jahit, dua mesin obras dan satu mesin lubang kancing. Kadang, kalau pemesanan banyak saya kasih ke teman saat ikut pelatihan,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia menyampaikan, istri dan anaknya sudah mengikuti pelatihan di BLK Sampang. Sehingga, ke depan tidak hanya buka usaha jahit, tetapi bisa buka usaha lainnya. Hal itu, dilakukan agar ilmu yang didapat bermanfaat, serta program pemerintah tepat sasaran sesuai dengan tujuannya untuk mengurangi angka pengangguran.

“Istrinya alumni pelatihan 2020, sekarang jadi usaha kue dan roti. Dan saya dijadikan instruktur di BLK per tahun 2021 ini. Saya harap, ke depan semua peserta bisa memanfaatkan ilmu yang didapat,” pungkasnya. (mal/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *