Sumenep, Ancam Tutup Wisata Telaga Kermata

  • Whatsapp
KM/ Razin DESTINASI WISATA: Salah satu bentuk modifikasi dari Kermata dalam mewujudkan kepuasan wisatawan.

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep Carto mengakui salah satu aset wisata milik pemerintah dikelola secara sepihak tanpa melibatkan kerja sama dengan pemerintah. Jika pengelola tetap semena-mena, maka pihaknya akan menutup destinasi wisata tersebut.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah Telaga Kermata yang merupakan salah satu destinasi wisata padat pengunjung. Berdasarkan data Disparbudpora, pada tanggal 5 sampai 12 bulan ini terdapat 1.517 wisatawan yang bertandang, 563 motor dan 100 mobil yamg terparkir.

Carto menambahkan, pihaknya telah melakukan upaya berupa peringatan terhadap pengelola Kermata, yang sekarang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMBDes).

“Itu yang ngelola pertama kali karang taruna, setelah bangkrut diserahkan ke pokdarwis, setelah itu BUMDes. Tanpa sepengetahuan dinas pariwisata tapi mereka pindah-pindahkan pengelolanya. Kami panggil perwakilan dari BUMDes kemari ,” katanya, Rabu (26/6).

Peringatan tersebut berupa tekanan untuk kejelasan pengelolaanya. Yaitu kerjasama antara pengelola dan pemerintah tidak boleh ada yang dirugikan, sehingga tanah atau aset pemerintah dapat memberikan sumbangsih untuk pendapatan daerah.

Carto juga menekan bahwa bulan ini, pihak pengelola harus sudah merampungkan persyaratan yang diminta oleh instansinya. Jika tetap semena-mena maka akan diberikan peringatan lagi. Tetapi sampai tiga kali memaksa, maka pihaknya akan menutup operasiaonal destinasi wisata tersebut.

“Mengajukan berkasnya, proposalnya harus bulan ini karena mau diajukan ke pak bupati. Nanti kalau belum lengkap persyaratannya, akan saya suruh lengkapi. Minggu pertama saya tegur, kedua juga, ketiga tetap maksa maka saya akan tetup itu,” pungkasnya. (km48/pai)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *