oleh

Sumenep Spektakuler, Cara Pelestarian Kesenian Lokal

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dalam rangka mempertahankan kesenian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda Olahraga Sumenep, menggelar kegiatan Sumenep Spektakuler.

Kegiatan yang diselenggarakan di sepanjang jalan depan Pendopo atau Keraton Sumenep tersebut, merupakan rangkaian program Visit Sumenep yang dilaksanakan secara berkesinambungan hingga penghujung 2019 ini. Visit Sumenep juga rangkaian upaya pemerintah untuk mewujudkan martabat masyarakat Sumenep.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Disparbudpora Sumenep Carto, pelaksanaan Sumenep Spektakuler adalah bentuk menguji partisipasi, minat dan ketertarikan masyarakat terhadap kesenian lokal Kota Keris.

“Saya hanya menguji masyarakat bagaimana kecintaannya terhadap kesenian Sumenep, karena yang juga menjadi nilai jual tinggi untuk pariwisata yang berada di Sumenep ini adalah hidupnya kesenian, kalau seni di sini punah maka berakibat minus terhadap nilai jual Sumenep,” katanya, Rabu (27/11/2019).

Carto tidak menyangka, pelaksanaan Sumenep spektakuler akan menyedot ribuan masyarakat. Para pengunjung menikmati hidangan kesenian tradisional maupun modern yang disajikan.

Pelaksanaan yang benar-benar spektakuler, terlihat dari keberhasilan acara tersebut menembus dimensi usia. Tua dan muda berkumpul mengerumuni masing-masing kesenian kesukaannya.

Karena pemerintah sengaja mendesain dengan sangat strategis, yaitu puluhan kesenian yang diundang berjejer di bahu kiri dan kanan sepanjang jalan menuju Taman Adipura atau Potre Koning dan Masjid Jamik itu.

Carto juga menyampaikan, upaya lain dari pemerintah terhadap pemeliharaan kesenian. Sehingga pihaknya akan berupaya untuk mengumpulkan manuskrip khusus sejarah Sumenep dari sisi kesenian dan kebudayaan.

“Buktinya nyata kan masyarakat sangat ramai ini, bahkan tidak ada undangan istimewa pada acara ini, tetapi alhamdulilah sangat meriah, berarti kesenian lokal masih sangat laku. Saya akan cari orang atau tokoh yang benar-benar paham untuk menulis sejarah perkesenian ini,” imbuhnya.

Sumenep spektakuler menjadi lebih berwarna dengan hadirnya wisatawan mancanegara, terlebih memberikan kesaksian bahwa Sumenep memang spektakuler. Salah satunya, Mr. Ron, turis asal Australia ini hadir menikmati pagelaran seni dan budaya Kabupaten ujung timur Madura tersebut.

Pria yang secara khusus berangkat dari Australia ini, hanya datang untuk menghilangkan rasa penasarannya terhadap kabupaten berjuluk Kota Keris ini.

“Oke, acaranya sangat meriah, lokasi pariwisata yang sangat eksotis, malam ini yang paling saya sukai adalah kesenian jaran kencak ini,” paparnya, sambil mengangguk-anggukan kepalanya. (ara/waw)

 

 

 

Komentar

News Feed