Survei Peningkatan Akreditasi Puskesmas di Pamekasan Berlangsung hingga November 

News84 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Mayoritas puskesmas di Pamekasan masih menunggu hasil usulan peningkatan akreditas.  Terutama, menuju akreditasi paripurna. Dari 21 puskesmas, hanya ada tiga puskesmas yang sudah memiliki akreditasi paripurna. Masing-masing, Puskesmas Tlanakan, Larangan dan Teja. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Sjaifuddin, Kamis (21/9/2023). 

Dia mengaku, rata-rata puskesmas di daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam mengajukan kenaikan status. Yakni, dari status paling rendah, menengah, atas hingga tingkat di atasnya lagi atau paripurna. Bahkan, hingga saat ini baru ada tiga puskesmas yang baru keluar statusnya akreditasinya. 

Baca Juga:  Satpol PP Pamekasan Janji Libatkan PKL Bahas Aturan Ketertiban

“Jadi 3 puskesmas di atas itu baru menerima status akreditasi paripurna, untuk pengajuan puskesmas lainnya masih menunggu survei,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Pihaknya menuturkan, sedikitnya ada empat macam status akreditasi dengan berbagai tingkatan. Masing-masing, akreditasi pratama, madya, utama dan paripurna atau akreditasi tertinggi diantara akreditasi lainnya. Sedangkan untuk persyaratan peningkatan akreditasi atau menuju akreditasi paripurna, setiap puskesmas harus memenuhi beberapa ketentuan. 

Salah satunya, wajib menyediakan jenis-jenis pelayanan yang ditetapkan berdasarkan visi, misi, tujuan, tata nilai, hasil analisis kebutuhan dan harapan masyarakat. Sebelum penetapan status peningkatan akreditasi, terlebih dulu ada survei untuk mengetahui tingkat kelayakan puskesmas. Terutama, mengenai pelayanan. 

Baca Juga:  Disperindag Pamekasan Klaim Stok Beras Aman meski Harga Naik

“Kemungkinan survei akan berlangsung hingga bulan November tahun ini, tentu untuk puskesmas yang sudah mengajukan peningkatan akreditas, baik dari tingkat pratama, madya maupun di atasnya,” jelasnya. 

Pewarta: KM71

Redaktur: Totok Iswanto 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *