Tagihan Sampah Bulanan di Sampang Mendadak Naik

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) DIKELUHKAN: Kenaikan retribusi sampah naik tanpa ada sosialisasi terlebih dulu dari petugas kebersihan di Kabupaten Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Kenaikan biaya pembuangan sampah di permukiman menuai keluhan dari warga perumahan Selong Permai Kelurahan Gunung Sekar Sampang. Sebab, mereka menilai adanya kenaikan cukup menjadi beban bagi warga. Hal ini diungkapkan Ali Mohdor warga setempat, Minggu (4/7/2021).

Menurutnya, tarif sampah yang ada di permukiman perumahan mengalami kenaikan dua kali lipat dari sebelumnya. Yakni, dari Rp10 ribu menjadi Rp30 ribu setiap bulan. Bahkan, tidak adanya sosialisasi tentang kenaikan biaya tersebut. Secara mendadak petugas langsung memberikan surat tagihan biaya pembuangan sampah.

“Kenaikan bukan hanya Rp2-3 ribu, tetapi mencapai Rp20 ribu. Tahu-tahu ada petugas nganterin kartu penagihan, dan sebelumnya memang tidak ada pemberitahuan,” kesalnya.

Pihaknya berharap, agar instansi terkait mempertimbangankan adanya rencana kenaikan tersebut. Apalagi, kondisi ekonomi masyarakat tidak stabil akibat adanya wabah Covid-19. Selain itu, saat ini di halaman rumah warga tidak ada bak atau tempat sampah. Sebab, belum melakukan pembayaran bulanan sebelumnya.

“Masuk ke pendapatan asli daerah (PAD) atau tidak yang jelas ini kebijakan pemerintah. Jadi, saya harap untuk dipertimbangkan, karena daripada nuggak, mending sedikit tapi lancar, apalagi sekarang kondisi ekonomi tidak stabil,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang Syarifuddin belum bisa dimintai keterangan terkait kenaikan tarif sampah. Meski berbagai upaya konfirmasi dilakukan, baik via pesan singkat atau telepon langsung enggan direspon meski kondisi telepon berdering. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *