oleh

Tahap Kedua, Pelamar PTPS Belum Capai Target

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, memperpanjang masa pendaftaran rekrutmen pengawas tempat pemungutan suara (PTSP) dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk menambah jumlah pendaftar yang sebelumnya belum mencapai target yang ditentukan. Sayang, hingga pendaftaran tahap kedua ditutup, pendaftar PTPS belum mencapai target.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan Abdullah Saidi mengatakan,  jumlah pendaftar PTPS hingga tahap kedua sebanyak 4.009 orang. Jumlah itu bertambah sebanyak 763 orang, dari 3.246 pendaftar tahap pertama.

Kendati meski dua kali melakukan pembukaan pendaftaran, namun jumlah pendaftar PTPS diakui belum memenuhi target yang sudah ditentukan. Dimana Bawaslu menargetkan, sedikitnya ada dua pelamar pada masing-masing TPS yang ada di Pamekasan.

“Jumlah tersebut masih jauh dari target yang kita canangkan,” tuturnya Senin (4/3).

Diungkapkan Saidi, jika berpatokan pada jumlah 3.315 TPS yang ada di Pamekasan, pendaftar PTPS seharusnya minimal sebanyak 6.630. Namun jumlah itu tak kunjung terpenuhi meski Bawaslu telah melakukan perpanjangan masa pendaftaran selama hampir satu pekan.

Lebih lanjut Saidi mengatakan, minimnya pendaftar pada rekrutmen PTPS lantaran adanya batasan minimal usia. Di mana dalam aturan yang diberlakukan, pelamar PTPS harus berusia minimal 25 tahun saat mendaftar. Sementara, banyak orang yang berusia di bawah ketentuan itu untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu 2019.

“Salah satu faktor minimnya pelamar kemungkinan karena adanya batasan usia,” jelasnya.

Kendati belum mencapai target yang ditentukan, Saidi mengaku belum bisa memastikan apakah akan kembali membuka pendaftaran rekrutmen PTPS. Dia mengaku masih akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu Jawa Timur, terkait kondisi yang ada di wilayahnya.

“Akan segera kita koordinasikan persoalan ini ke Bawaslu Jatim,” ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah TPS pada pemilu 2019 tercatat sebanyak 3.313 TPS tersebar di 189 desa/kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. Jumlah tersebut kemudian ditambah 2 TPS yang ditempatkan di Lapas Pamekasan menjadi 3.315 TPS. (pin/pai)

Komentar

News Feed