Tahapan Dipersingkat, Gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil Tinggal Diumumkan Presiden

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) MENJELASKAN: Kepala Dinas Sosial Bangkalan Wibagyo saat memberikan keterangan di Pendapa Agung Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Pengajuan gelar pahlawan Nasional untuk Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan masuk tahap akhir.

Usai diajukan dan lolos verifikasi berkas, harusnya masuk tahapan verifikasi lapangan. Tetapi verifikasi lapangan yang telah dijadwalkan, ternyata ditiadakan. Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) menyimpulkan, berkas sudah cukup, sehingga verifikasi lapangan tidak terlalu dibutuhkan.

Bacaan Lainnya

“Harusnya memang ada verifikasi, tapi informasinya ditiadakan,” kata Ketua Tim Lajnah Turots Tim Pengusulan Gelar Kepahlawanan Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan, Ilmi Muhaimin.

Lanjut Muhaimin, jika memang proses verifikasi dilewati, tahapan selanjutnya adalah rapat dewan gelar, kemudian keputusan mengenai diterima atau tidaknya dilanjutkan ke Presiden Joko Widodo.

Batalnya verifikasi, bagi Muhaimin, bukan hal yang tidak baik. Justru jika tidak dilanjut verifikasi, artinya pemerintah pusat sudah mengetahui bahwa pemerintah kabupaten bersungguh sungguh mengajukan gelar pahlawan.

“Ini malah menguntungkan kita, berarti pengajuan kita bagus,” ulasnya.

Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Bangkalan Wibagyo juga membenarkan bahwa tim verifikator batal ke Bangkalan. Sehingga proses verifikasi lapangan juga tidak jadi dilakukan.

Kini TP2GD Bangkalan, ungkap lelaki yang juga menjadi kepala Dinas Sosial Bangkalan tersebut, tengah melakukan koordinasi internal dengan TP2GD Jawa Timur dan TP2GP. Tujuannya, agar sebelum diumumkan pada 10 November 2021, hasilnya sesuai yang diinginkan pemerintah.

“Harapannya Syaikhona Muhammad Kholil dapat mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional di tahun 2021 ini,” ucap Wibagyo.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *