oleh

Tahapan Pencairan BLT DD Harus Meunggu 14 Hari

Kabarmadura.id/SUMENEP-Aturan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) dikeluhkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Sebab lantaran menunggu 14 hari untuk dicairkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Mohammad Ramli melalui Kepala bidang (Kabid) Pemerintahan desa (Pemdes) Supardi mengatakan, untuk mencairkan BLT DD harus menunggu 14 hari dari pencairan sebelumnya.

Hal itu sebagaimana diatur berdasarkan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua Atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Tahapan pencairan dilakukan secara bertahap berdasarkan regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat. Kendati jeda tahapan pencairan dinilai terlalu lama, namun hal itu harus tetap dipatuhi.

“Yang harus dievaluasi dari pencairan BLT DD adalah kepada pemerintah pusat untuk tidak memberikan jedah waktu yang lama hinga 14 hari. Sebab, sangat lama dalam melakuakan proses pencairan,” katanya, Selasa (25/08).

Mengenai pencarian, kata Pardi, tergantung usulan dari masing-masing desa. Sementara untuk pencairan tahap 4 tahap 5 dan 6, menunggu 14 hari. (imd/ong)

Komentar

News Feed