oleh

Tahun 2019 Produksi Ikan Nelayan Tidak Capai Target

Kabarmadura.id/Sumenep– Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep,  mengakui berdasarkan hasil rekapitulasi dari Januari hingga Desember tahun 2019 produksi ikan hasil tangkapan nelayan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk diketahui, target produksi tahun 2019 adalah 48.600 ton ikan, sementara hanya berhasil menangkap 48.569 ton. Dan untuk tahun ini target produksi dinaikkan menjadi 49.000 ton.

Dinas Perikanan Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Perikanan Tangkap Edie Ferrydianto menuturkan, meskipun sejumlah bantuan sarana dan prasarana budi daya atau alat pembantu untuk memudahkan tangkap ikan terialisasi semua, tetapi secara target masih terbilang gagal.

“Tahun ini memang musimnya kurang berpihak pada nelayan, dari tiga tahun terakhir hanya tahun ini yang anginnya tidak bisa dikendalikan oleh para nelayan, hingga tahun ini tidak mencapai target,” katanya, Rabu (15/1/2020).

Selain itu, yang menjadi penghambat tercapainya target adalah pihak pemerintah masih belum bisa mengkaver atau mengatur harga ikan yang diproduksi oleh nelayan yang secara kualitas sudah tidak bisa diragukan lagi.

Sehingga pada tahun ini banyak nelayan yang mengeluh dikarenakan hasil kerja dengan jumlah kalkulasi pengeluaran itu tidak seimbang, artinya hanya kerugian yang didapatkan oleh nelayan. Tetapi momentum tertentu saja, tidak lantas terus menerus.

“Bahkan ikan teri nasi itu hanya Rp6.000 perkilogramnya. Harga itu tidak bisa diatur. Rendahnya harga itu yang juga mengakibatkan taget juga terhambat. Karena kalau dirupiahkan target kerja nelayan ada sekitar Rp1.466 triliun uang yang diharapkan berputar di dunia nelayan,” imbuhnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed