oleh

Tahun 2020 Pemkab Hanya Bangun 1 RTH

Kabarmadura.id/Sumenep– Dinas PU Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PU PRKP dan Cipta Karya) Kabupaten Sumenep kembali akan membangun ruang terbuka hujau (RTH) dengan pagu anggaran Rp100 juta. Hal itu disampaikan Dinas PU PRKP dan Cipta Karya melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang Indra Wahyudi. Menurutnya, anggaraan tersebut hanya dikhususkan untuk pengadaan atau pembangunan 1 RTH yang akan dibangun di Kecamatan Batang-Batang.

“Ya itu berjenis taman, kebetulan tahun ini hanya satu saja, tapi itu masih perencanaan dan pagu anggaran tersebut bisa berubah. Sementara itu saja untuk tahun ini,” katanya, Selasa (13/1/2020).

Sementara perawatan RTH itu tidak semua diserahkan ke pihaknya, termasuk pembangunan yang baru selesai di taman bunga itu. Meskipun dibangun oleh pihak PU Cipta Karya dengan anggaraan Rp 423.938.000 untuk penambahan fasilitas free Wi-Fi.

Selain itu, Indra melanjutkan, yang tidak termasuk dikelola oleh pihaknya adalah RTH yang berada di Pasar Bangkal yang secara khusus dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes). Sampai saat ini masih belum ada RTH yang bisa berkontribusi untuk menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

“Saat ini kami hanya mengelola empat titik RTH di Kabupaten Sumenep saja, yaitu di Tajamara, Taman Kejora, Refreshing, dan Taman Edukasi, selebihnya adalah DLH,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia berharap juga pembenahan dan perawatan sejumlah fasilitas dan penambahannya, juga diharapkan menjadi tempat diskusi antarpelajar, sehingga dengan penambahan kualitas WiFi yang bagus, diharapkan menjadi penunjang semangat belajar anak-anak, dan masyarakat Sumenep. (ara/pai)

Komentar

News Feed