Tahun Ini, Pemkab Sampang Hanya Sasar 2.225 KPM BLT DBHCHT 

News92 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang hanya menyasar 2.225 keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan langsung tunai (BLT) dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). 

Ribuan penerima BLT DBHCHT tersebut merupakan buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau yang ada di Sampang. Ada pun rinciannya adalah 1.920 buruh tani tembakau dan 305 buruh pabrik rokok.

Kepala Dinas Sosial Mohamad Fadeli melalui Kepala Bidang (Kabid) Linjamsos  Erwin Elmi Sahrial mengatakan, jumlah penerima BLT DBHCHT ini masih dalam proses validasi.

Baca Juga:  Terungkap Kasus PIP Baru di Sumenep, Kasus Sebelumnya Belum Diselidiki

“Sebab, penyaluran BLT DBHCHT ini kami harus tepat sasaran. Mudah-mudahan bantuan ini cepat selesai dan bisa disalurkan ke masyarakat yang menerima,” ucapnya Senin (31/07/2023).

Menurutnya, dari 2.225 penerima BLT DBHCHT itu, masing-masing akan mendapatkan Rp300 ribu per bulan selama tiga bulan, yakni dari bulan September, Oktober dan November. 

“Jadi dari rincian tersebut, KPM BLT DBHCHT selama tiga bulan itu mendapatkan sebesar Rp900 ribu,” ucap.

Dia juga menambahkan bahwa BLT DBHCHT saat ini ada penurunan daripada tahun sebelumnya. “Mengingat, tahun kemarin itu sebesar Rp3 miliar, sementara sekarang hanya Rp2 miliar,” ucapnya

Baca Juga:  APTI Sampang Desak BLT DBHCHT Segera Disalurkan

Menanggapi hal itu, ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Haryono mengatakan bahwa dari 2.225 penerima bantuan BLT DBHCHT ini tidak terserap semua di Sampang. Sebab menurutnya, untuk Sampang awalnya disiapkan 3.600 penerima BLT DBHCHT.

“Semoga dari jumlah itu bisa tepat sasaran. Namun, untuk kendala kenapa hanya segitu. Saya juga gak tahu mas,” tutupnya.

Pewarta: Abd. Goffar

Redaktur: Moh. Hasanuddin 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *