oleh

Tak Punya TPA, DLH Bangkalan Pesimis Raih Adipura

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Sudah empat kali Bangkalan absen dari penghargaan adipura. Tahun ini, ajang kebersihan kota atau kabupaten itu diprediksi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak bisa diraih kembali. Sebab, sampai saat ini terkendala belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) yang representatif.

Kepala DLH Bangkalan Anang Yulianto mengaku, pesimis bisa membawa pulang penghargaan itu. Katanya, memang kriteria adipura ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya penilaian langsung ke lapangan.

“Tahun sekarang ini sebelum penilaian harus ke lapangan dulu,” ungkapnya.

Sedangkan persiapannya sendiri, sejauh ini dia tengah fokus memiliki TPA baru. Karena TPA sebelumnya diketahui berpolemik dengan warga sekitar, karena sudah overload.

“Kami TPA kan belum ada. Lagi pula sekarang belum ada informasi kapan pelaksanaan adipura. Karena biasanya pelaksanaan pada akhir tahun,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Effendi, juga menilai bahwa Bangkalan tidak bisa mendapatkan penghargaan itu tahun ini. Bahkan dua tahun ke depan pihaknya juga memprediksi belum bisa memperoleh  penghargaan itu.

Pihaknya menekankan agar DLH fokus bisa mendapatkan TPA baru. Selain itu, dia juga meminta, agar bisa segera menyelesaikan permasalahan sampah yang tak kunjung usai. Sehingga saat ini harus menempatkan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS).

“Kami solusinya DLH ini agar fokus membuat TPA baru. Karena proses TPA baru ini tidak selesai-selesai,” terangnya.

Terlebih, kata dia, TPA baru juga masih terkendala dengan pembebasan lahan yang membutuhkan 5 hektar lahan. Sedangkan, penghargaan adipura ini hanya seremonial. Sehingga, tidak dijadikan dasar untuk DLH pesimis dalam mengatasi persampahan.

“Kalau sudah ada TPA, permasalahan sampah selesai, adipura ini sebagai bonus dan akan mengikuti sendiri,” tandasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed