Tak Tahu Data, PT Sumekar Malah Target PAD Bertambah 

  • Whatsapp
KM/Moh Tamimi-Berlayar: Kapal Dharma Bhakti Sumekar atau DBS III yang telah beroperasi.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Seiring bertambahnya kapal motor penumpang (KMP) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, kapal Dharma Bhakti Sumekar (DBS) III yang dikelola oleh PT (Persero) Sumekar, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bertambah 15 persen.

“Kapal sekarang sudah beroperasi dengan lancar dan target PAD kita bisa bertambah lima belas persen dari sebelumnya,” ungkap Direktur Pelaksana PT Sumekar Zainal Arifin saat dihubungi, Kamis (18/4).

Akan tetapi, Zainal menambahkan, bahwa dirinya masih belum mengetahui secara rinci berapa PAD PT Sumekar sebelumnya. Ia mengakaku baru saja menjabat sebagai Direktur PT Sumekar sehingga tidak tahu data sebelumnya.

Kapal tersebut sebelumnya sempat dikembalikan ke pihak ketiga yaitu, PT Adiluhung karena dinilai terdapat beberapa bagian yang rusak sebelum kapal dioperasikan. Komponen yang dinilai rusak adalah di bagian mesin dan AC yang kurang optimal.

Kapal tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp39 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep dan Provinsi Jawa Timur. Diresmikan pada bulan Oktober 2018 oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim.

Rute kapal ini adalah dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean. Biaya yang harus dikeluarkan penumpang dalam sekali berangkat adalah Rp128 ribu.

Zainal berharap, hadirnya kapal DBS III yang telah beroperasi sejak 12 April tersebut menjadi jawaban akan kebutuhan masyarakat terhadap transportasi laut yang selama ini masih dinilai kurang mumpuni, tidak seimbangnya antara  kebutuhan transportasi laut masyarakat dengan fasilitas yang tersedia. (mad/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *