Tambahan Vakin Pfizer, Astrazeneca, dan Moderna Tiba di Bangkalan; Warga Diharapkan Antusias Ikuti Vaksinasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MENUJU KEKEBALAN KELOMPOK: Tambahan beragam jenis vaksin tiba di Bangkalan dan siap didistribusikan kepada masyarakat.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN – Jenis vaksin Pfizer akan segera didistribusikan kepada masyarakat umum. Diketahui, Bangkalan menerima sebanyak 4000 vial Pfizer untuk sekitar 22.740 dosis. Selain itu, untuk vaksin Moderna juga ada tambahan sekitar 1429 vial. Kemudian Astrazeneca ada tambahan sekitar 800 Vial. Sementara itu, vaksin jenis Sinovac masih tersedia 41.718 dosis.

Kepala Seksi Farmasi, Makanan, dan Minuman Dinas Kesehatan Bangkalan Nunik menyampaikan, bahwa kedatangan stok vaksin berdasarkan jumlah pengajuan yang sudah dilayangkan beberapa waktu lalu.

“Kami sudah satu bulan lebih pengajuannya, dan ini baru datang minggu kemarin,” ungkapnya..

Sedangkan untuk vaksin Pfizer, kata Nunik, sudah mulai didistribusikan ke masyarakat umum sejak Rabu (20/10). “Siapa pun boleh meminta untuk divaksin menggunakan Pfizer, sebab memang tersedia untuk dosis 1 dan 2,” ulasnya.

Sedangkan untuk Moderna, memang sementara akan diprioritaskan untuk masyarakat yang akan melakukan vaksinasi dosis 2. Sebab menurutnya, waktunya sudah lama dan banyak warga yang seharusnya sudah divaksin  tapi belum dilaksanakan karena sebelumnya stok vaksin Moderna habis. “Sudah banyak yang nunggu ini, jadi kami prioritaskan dulu untuk yang kedua,” terangnya.

Sedangkan kata Kasi Surveilans Dinkes Siska Damayan, capaian vaksinasi di Bangkalan terus meningkat secara berangsung. Berdasarkan laporan pada Selasa (19/10), vaksinasi dosis 1 mencapai 33,53%. Sedangkan untuk dosis 2 baru 13,33% dari target herd immunity yang direncanakan sebanyak 700.000 orang. “Mari saling mendukung dan membantu agar target vaksinasi kita terus meningkat,” ajaknya.

Kepala Puskesmas Bangkalan Wiwid membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima vaksin Pfizer dan akan segera mengumumkan kepada warga terkait vaksinasi. “Iya kami juga sudah terima, semua puskesmas menerima, dan akan diberikan ke warga,” ulasnya.

Menurut Wiwid, antusiasme masyarakat untuk vaksinasi dosis kedua tetap tinggi. Sebab menurutnya, beberapa minggu lalu banyak yang datang dan menanyakan terkait dengan vaksin Moderna dosis kedua. “Sudah banyak yang tanya, jadi kemungkinan bisa lekas habis,” harapnya.

 

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *