oleh

Tambak Ikan Ilegal Marak, Satpol PP dan DPMD Bangkalan Saling Lempar

Kabarmadura.id/Bangkalan– Keberadaan tambak ikan di Kabupaten Bangkalan belum seluruhnya memiliki izin. Tercatat di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) masih 5 yang resmi berizin.

Kepala Bidang Kabid Perizinan dan Non Perizinan (DPMPTSP) Bangkalan Eryadi Santoso menuturkan,  bahwa usaha untuk budidaya ikan seharusnya ada izin. Namun kenyataanya masih ada ratusan yang belum berizin.

” Untuk membuka usaha ikan baik berbentuk tambak maupun lainnya harus ada izinnya,” jelasnya Rabu (12/8/2020)

Pihaknya menyampaikan bahwasanyan dari 200 tambak ikan hanya segelintir yang saja yang mengurus izin. Menurut data yang ada hanya 5  tambah yang sudah mengurus izin, diantaranya 2 di Kecamatan Kelampis dan 3 di Kecamatan Sepuluh.

Kendati sudah ada ratusan tambak ikan yang belum berizin, namun dinasnya tidak bisa memberikan tindakan. Sebab, itu sudah masuk ranah penegak peraturan daerah (perda).

“Kami hanya memberikan sosialisasi erhadap pemilik usaha ikan agar mengurus izinnya,” ujarnya

Terpisah kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Irman Gunadi menanggapi terkait maraknya tambak ikan yang belum berizin. Pihaknya siap untuk bekerja sama dengan instansi terkait untuk menertibkan beberpak jumlah tambak yang tak memiliki izin.” Saya siap untuk dilibatkan untuk menindak keberadaan usaha tambak ikan yang tidak memilik izin,”  terangnya

Pihaknya mengaku untuk menindak juga perlu melibatkan DPMPTSP serta  Dinas Perikanan.

Pihaknya mengaku sejauh ini tidak pernah turun langsung ke lapangan untuk menertibkan tambak yang tak memeliki izin, sebab yang ia belum memiliki data valid jumlah tambak ikan yang berizin dan tidak berizin.

“Jika sudah ada data valid kami akan bertindak melakukan penindakan kepada tambak ikan yang tidak berizin,” tegasnya.(sae/mam)

Komentar

News Feed