Tampung 400 Produk UMKM, Wamira Mart Pamekasan Akan Tersedia di 9 Lokasi

(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BERKAH UMKM: Wamira Mart dipastikan akan terbentuk di 9 lokasi, sebab sudah melakukan MOU dengan warga yang akan ditempati sebagai lokasi toko.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan mengklaim, target 9 Warung Milik Rakyat (Wamira Mart) bisa tuntas pada tahun 2021. Sebab, saat ini sudah ditentukan 9 titik yang akan ditempati.

Kendati demikian, Wamira Mart hanya akan menyediakan 400 produk untuk produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang diperjualbelikan. Pemkab Pamekasan tidak perlu menjalin perjanjian dengan mereka, karena sudah menjadi binaan Diskop UKM Pamekasan.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata, lokasi yang akan ditempati merupakan milik warga, sehingga nanti ada bagi hasil dengan pemilik. Dalam manajerial, akan dipusatkan, antar-Wamira akan ada link untuk saling menyambungkan laporan keuangannya dan laporan perputaran barangnya.

“Jadi kami tidak perlu menganggarkan sewa, cukup kami menganggarkan untuk branding saja, baru kemudian nanti sistemnya bagi hasil,” ujar Fata, Senin (7/12/2021).

9 lokasi itu berada di Jalan Jokotole  Pamekasan, atau pusat wamira, Waru, Pakong, Palengaan, Proppo, Larangan, Tlanakan, Stadion Ratu Pamelingan dan Wamira Smart yang akan ditempatkan saat ada event besar di wilayah Pamekasan.

Total anggaran yang disiapkan dalam program itu sebesar Rp1,8 miliar. Dananya digunakan untuk renovasi gedung, branding Wamira Mart, untuk pembelian rak, pembelian kulkas dan pemasangan AC, serta instalasi listrik. Sedangkan untuk tahun 2022 berkisar Rp5 miliar.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan