oleh

Tangani Covid-19, Jatah Anggaran Dinas Kesehatan Kalah dari Disdik

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Anggaran percepatan penanganan Covid-19  mencapai Rp65,2 milliar. Total anggaran itu merupakan hasil dari refocusing anggaran di masing-masing  organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

Dari sekian porsi anggaran yang ada, ternyata Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan hanya tercantum Rp9,7 miliar.

Kepala Dinas Dinkes Kabupaten Bangkalan Sudiyo mengatakan, anggaran untuk penanganan Covid-19 mengusulkan Rp17 miliar. Namun, anggaran tersebut dipangkas dan disetujui oleh Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan hanya Rp9,7 miliar.

“Sudah mengusulkan namun sebagian dipangkas,” terangnya, Selasa,(21/4/2020).

Sudiyo menambahkan, kendati anggaran yang disetujui tidak sesuai harapan, namun pihaknya akan terus berupaya agar penanganan covid-19 bisa teratasi dengan maksimal. Dia juga berharap kepada semua pihak agar ikut bahu-membahu dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Kami akan berupaya memaksimalkan anggaran ini, terpenting wabah Covid-19 cepat berlalu,” harapnya.

Sedangkan Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Bangkalan Muhyi mengatakan, untuk anggaran penangan Covid-19 harus digunakan dengan sesuai peruntukannya. Namun menurutnya, dalam porsi anggaran, seharusnya Dinkes Bangkalan mendapat lebih besar dibandingkan OPD lainnya.

Maka dari itu, dia meminta agar diperjelas bagi dinas yang secara teknis terbilang jauh dari penanganan Covid-19. Sedangkan penanganan Covid-19 di Disdik hanya diperuntukan  untuk guru ngaji dan madin.

“Dinkes anggarannya lebih sedikit jika dibandingkan dengan dinas pendidikan yang secara teknis tidak terkait langsung justru paling besar bahkan hampir 40 persen anggaran,” tegasnya

“Sekarang kalau  kita bandingkan jumlah guru ngaji dan madin dengan  jumlah masyarakat Bangkalan yang terdampak Covid-19 lebih banyak mana, sehingga harus dianggarkan sampai hampir 40 persen,” terangnya.

Sekedar diketahui, Dinas Pendidikan Bangkalan pada pekan lalu telah mensosialisasikan anggaran yang diterima dari Gugus Covid-19 Bangkalan sebesar Rp22.4 miliar. Anggarn itu dialokasikan bagi guru ngaji dan guru madin di Kabupaten Bangkalan. (sae/mam/waw)

Komentar

News Feed