Tangkal Hoaks, Bawaslu Jatim Dorong Pelajar Cakap Literasi Digital

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TANGKAL HOAKS: Bawaslu Jatim dorong pelajar untuk memiliki pengetahuan dan kecakapan mengenai literasi digital.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur mengajak pelajar di Pamekasan untuk bisa cakap dalam literasi digital. Sebab, hal itu sebagai bekal pengetahuan agar tidak terpengaruh hoaks.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring itu berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI. Kegiatan itu  dibuka langsung oleh Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar; didampingi Komisioner Bawaslu Jatim dan Bawaslu Pamekasan di Hotel Odaita Pamekasan.

Fritz Edward Siregar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa partisipasi masyarakat dalam sangat penting agar cakap literasi digital. Sebab menurutnya, saat ini banyak informasi hoaks.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih aware terhadap isu yang berkembang di media sosial. Selain itu, agar bisa melapor jika ada yang menemukan hoaks.” ungkapnya.

Ia juga memiliki harapan agar semangat literasi digital juga menyebar di berbagai komunitas. Karena menurutnya, setiap Pemilu banyak sekali hokas dan ujaran kebencian.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Jatim Purnomo Satrio Pringgodigdo menuturkan, dalam menangkal hoaks, ia mempunyai pengalaman yang cukup memadai, karena sudah mempunyai pilot project di 19 kabupaten/kota yang sudah melaksanakan pemilihan tahun 2020.

“Ke depan, kami akan membuatnya lebih sistematis, Kerjasama tidak hanya dengan pemerintah kabupaten/kota, tetapi dengan Kominfo dan platform digital,” pungkasnya .(rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *