oleh

Tanpa RAT, Diskop UM Sumenep Ingatkan Koperasi 

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep mencatat sejumlah koperasi tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Kondisi membuat dinas terkait akan memberikan peringatan serta mengancam membekukan koperasi yang dinilai tidak konsisten tersebut.

Kepala Diskop UM Sumenep Sustono mengatakan, agar Koperasi dapat berkembang. Maka harus bermitra dengan siapapun. Misalnya, usahanya titip barang. Maka perlu bekerja sama dengan salah satu perusahaan agen yang bergerak di usaha motor.

“Hal tersebut harus didasarkan MoU dengan salah satu pihak,” katanya, Minggu (21/3/2021).

Dirinya telah memberikan apresiasi pada salah satu koperasi yang tepat waktu melaksanakan RAT. Salah satunya, masih membukukan sisa hasil usaha. Padahal, pada masa Covid-19 banyak yang tidak melaksanakan RAT.

“Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Koperasi Kodim 0827/Sumenep yang telah melaksanakan RAT dengan tepat waktu,” ujarnya.

Sustono menjelaskan, yang belum laksanakan RAT harus segera melaksanakan. Apabila tidak pihaknya akan memberikan peringatan atau pembekuan izin usaha. Diakuinya itu merupakan aturan atau amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun1992 tentang Perkoprasian.

“Jumlah Koperasi di Sumenep ada 1.633 dan yang aktif 1.289 sisanya tidak aktif karena tidak menyelesaikan RAT,” paparnya.

Dia berjanji, dalam rangka meningkatkan kearifan koperasi, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap koperasi.Dalam pembinaan itu akan lebih ditekankan kesadaran koperasi dalam melaksanakan RAT.

Sementara itu, Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis mengutarakan, pelaksanaan RAT wajib dilaksanakan oleh semua koperasi. Hal itu sebagai tanggung jawab pengurus dan pengawas untuk menyampaikan laporan usaha atau kegiatan yang telah dijalankan selama setahun.

“Pelaksanaan RAT Koperasi Kodim 0827/Sumenep di masa wabah tetap kami berusaha tepat waktu,” pungkasnya. (imd/mam)

 

Komentar

News Feed