Target Distribusi Rastra Terancam Molor

  • Whatsapp
KM/MIFTAHUL ARIFIN-KEMBALIKAN: Warga penerima manfaat beras sejahtera (rastra) diperbolehkan untuk menukar beras yang mereka terima jika dinilai tak layak konsumsi.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Perusahaan Umum Badan Logistik (Bulog) Subdrive XII Madura Pamekasan menargetkan, pendistribusian beras sejahtera (Rastra) tuntas pertengahan bulan Maret. Namun hingga saat ini, masih terdapat dua kecamatan dan dua desa yakni Kecamatan Pegantenan dan Larangan, serta Desa Palengaan dan Banyupele belum mengambil jatah Rastra. Akibatnya keluarga penerima manfaat (KPM) belum merasakan bantuan tersebut.

Atas dasar itulah, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Moh Sahur pesimis pendistribusian Rastra tuntas bulan ini.

“Target pendistribusian Rastra kemungkinan besar molor. Karena sampai saat ini masih ada KPM di dua kecamatan dan desa belum menerima bantuan tersebut, lantaran belum mengambil Rastra ke bulog,” ujarnya, Minggu (10/3).

Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti persoalan belum diambilnya Rastra oleh masing-masing desa. Sebab, tidak terealisasinya bantuan itu cukup berdampak terhadap masyarakat yang berhak menerima Rastra.

“Insyaallah secepatnya akan kami tindak lanjuti, untuk memperlancar pendistribusian bantuan terhadap masyarakat ini (Rastra, red),” janjinya.

Sebelumnya, Koordinator Lapangan Bulog Subdivre XII Madura Pamekasan, Darsono mengatakan stok Rastra di kantor Bulog Pamekasan tetap aman hingga dua bulan ke depan. Menurutnya, meski ada kekurangan akan disuplai dari kantor bulog lain melalui kantor Bulog Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Bulog yang memiliki stok lebih, akan mengirimkan ke sini (Pamekasan, red). Jadi, stoknya tetap aman. Minggu depan pendistribusian Rastra harus selesai seratus persen,” ucapnya.

Dia menambahkan, jumlah KPM di Kabupaten Pamekasan adalah 82.758 keluarga. Setiap KPM mendapatkan jatah 10 kilogram per bulan. Dari jumlah KPM tersebut, Rastra yang harus dikeluarkan sebanyak 827.580 kilogram setiap bulan. (ito/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *