Target Jasa Giro APBD Sampang di Bank Jatim Menurun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) MENURUN: Target dana jasa giro anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 Sampang di Bank Jatim lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Jasa giro dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sampang tahun 2021 di Bank Jatim ditarget Rp2,2 miliar. Dana tersebut, nantinya akan masuk ke kas daerah (kasda). Hanya saja, anggaran jasa giro menurun dibandingkan tahun sebelumnya dengan target Rp8 miliar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan Badan Pendapatan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sampang Laili Akmaliyah, Minggu (11/7/2021).

“Meski ada penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, mudah-mudahan tahun ini bisa mencapai target. karena di tahun sebelumnya ini, targetnya belum tercapai secara keseluruhan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, APBD sisa tahun kemarin yang mengendap di Bank Jatim dari semua sektor kegiatan hanya Rp186 miliar. Sehingga, dari total sisa anggaran jasa giro sebesar Rp2,2 miliar masuk ke kasda. Selain itu, target Rp2,2 miliar lantaran APBD tidak disimpan di kasda atau Bank Jatim. Artinya, hanya uang lewat.

Sedangkan, untuk dana alokasi umum (DAU) ditransfer setiap bulan. Kemudian, jika pelaporannya telat tidak akan ditransfer. “Anggaran yang mengendap di Bank Jatim itu silpa tahun kemarin. Jadi, bukan berarti uang APBD disimpan di Bank Jatim, karena uangnya masih ada di pemerintah pusat,” jelasnya.

Kendati demikian, ia mengaku, anggaran yang ada di rekening pemerintah daerah dilakukan pemantauan intens oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sehingga dipastikan, tidak ada permainan jasa giro APBD dari pihak manapun. “Uang yang ada di Kasda itu tidak banyak. Kalau banyak, DAU akan distop atau tidak ditransfer. Karena, rekening daerah dipantau oleh kementerian,” tukasnya.  (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *