oleh

Target PAD di 3 OPD Menyusut Hingga 56 Persen

Kabarmadura.id/Bangkalan-Selain dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang dihapus dari target pendapatan asli daerah (OPD) tahun 2020, pada tahun 2020 juga ada tiga OPD yang target PAD-nya diturunkan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pengendalian Pendapatan Daerah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan Sri Yenny Repeliyanti mengatakan, dari ketiganya, ada realisasi target PAD yang disusutkan mencapai 50 persen.

OPD tersebut yakni Badan Pengelola, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan. Diketahui, pada tahun 2019 target PAD sebesar Rp8.115.783.495. Jika dihitung, penyusutan sebesar 56 persen tersebut yakni menjadi sebanyak Rp4.567.238.757.

“Yang mengalami penurunan ada di BPKAD sebesar 56 persen,” katanya.

Selain BPKAD, dua OPD lainnya mengalami pengurangan target PAD tidak mencapai 10 persen. Dua OPD tersebut di antaranya, Dinas Perdagangan (Disdag) dan Dinas Peternakan (Disnak).

“Kalau Disdag itu berkurang sebanyak 4,74 persen dan Dinas Peternakan 9,6 persen,” paparnya.

Sebelumnya, untuk kedua OPD tersebut dipatok PAD sebesar Rp4.727.874.514 pada tahun 2019 di Disdag. Sementara itu, Disnak sebelumnya hanya ditarget PAD sebesar Rp322.003.000.

“Kalau OPD lainnya tahun 2020 mengalami kenaikan target PAD-nya. Tapi tidak banyak, sekitar di atas 10 persen saja,” tuturnya.

Saat ditanya mengenai adanya alasan pengurangan target PAD tersebut, Yenny mengungkapkan, agar langsung mengkonfirmasi kepada pihak yang terkait di masing-masing OPD yang mengalami penyusutan. Dirinya hanya berharap, agar semua OPD pada tahun ini sesuai target.

“Untuk lebih jelasnya, ke masing-masing OPD yang mengalami penurunan target agar lebih jelas,” paparnya.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Bangkalan Abdul Aziz menuturkan baru mendengar adanya penyusutan target PAD di instansinya tersebut untuk tahun ini.

“Saya baru dengar, nanti akan saya klarifikasi, saya tanyakan dulu apakah benar atau tidak. Saya masih rapat,” tutupnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed