Targetkan Proposal “Menuju UIN Madura” Rampung Akhir Tahun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) YAKIN: Rektor IAIN Madura Dr. Mohammad Kosim terus berupaya agar IAIN Madura menjadi UIN Madura.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura sedang diupayakan. Pihak IAIN Madura memastikan proposal menuju UIN Madura rampung akhir tahun 2021. Rencananya akan membuka 6 program studi (prodi) baru tahun ini.

Menurut Rektor IAIN Madura Dr. Mohammad Kosim, target beralihnya IAIN Madura menjadi UIN Madura sebagai wujud perbaikan mutu pendidikan tinggi di Madura. Salah satu kendala pengajuan proposal yaitu tanah lokasi IAIN Madura kurang luas. Namun, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Pamekasan.

Bacaan Lainnya

“Kami juga sedang mempersiapkan proposal alih status menjadi UIN Madura. Semoga akhir tahun sudah tuntas dan diusulkan ke Jakarta,” tuturnya, Rabu (21/7/2021).

Ia meyakini, beralihnya status IAIN Madura menjadi UIN Madura akan segera terjadi. Sebab dari sisi sumber daya manusia (SDM) sudah ada 300 dosen, 1 guru besar,  dosen bergelar doktor 40 orang, dan kandidat doktor 10 orang. Sementaa itu, total prodi ada 20 dan jumlah mahasiswa 10 ribu.

“Harapan kami, proses perubahan jadi UIN Madura berjalan dengan lancar, dan dapat dukungan penuh dari semua pihak,” urainya.

Selain itu, mantan aktivis PMII itu mengusulkan 6 program studi (prodi) baru untuk tersedianya layanan pendidikan di kampusnya. Rinciannya, program magister terdiri dari prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ilmu Alquran dan Tafsir. Sedangkan  program sarjana terdiri dari 4 prodi, yaitu: Ilmu Hadits, Tadris Matematika, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Pendidikan Profesi Guru.

“Jadi nanti kalau lulus guru yang bersertifikat, misalnya PAI bisa di IAIN Madura. Jadi ada 6 prodi yang kami usulkan, masih menunggu assessor untuk pembukaan prodi,” ulasnya. (rul/maf/*)

Semoga Hasilkan Alumni Berkualitas

Ismail Ketua Ikatan Alumni (IKA)  IAIN Madura (ketua Komisi III DPRD Pamekasan)

Selamat Hari Ulang Tahun ke-55 IAIN Madura. Semoga selalu maju, jaya, dan  menghasilkan alumni yang berkualitas, dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat.

Mudah-mudahan di Hari Ulang Tahun yang ke-55 ini, IAIN Madura nantinya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura. Semoga Allah selalu memberikan kebaikan untuk IAIN Madura.

Bangga Jadi Alumnus IAIN Madura

Fathorrohman Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan.

Saya sangat bangga menjadi alumnus IAIN Madura. Di mana IAIN Madura sudah menjadi kampus mandiri, dan sudah tersedia banyak jurusan. Mudah-mudahan ke depan selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Kagum terhadap Nilai Religius IAIN Madura

Dr. Muhammad Subhan Directur International Abfa School

Saya bangga dan kagum terhadap  nilai religius dan kompetitif IAIN Madura. Sentuhan-sentuhan kebijakan Pak Rektor (Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag) yang visioner tentang budaya dan karakteristik masyarakat Madura. Beliau mampu menempatkan berbagai kebijakan yang menarik masyarakat Madura.

Dalam perjalanannya ada perubahan luar biasa. Tentu hal itu tidak lepas dari peran para pimpinan, dekan dan kaprodi dalam mengembangkan IAIN Madura. Salah satu  indikatornya yaitu banyak prestasi yang diraih. Saya bangga terhadap IAIN Madura. Selamat ulang tahun almamater tercinta.

Teruslah Berkarya Ciptakan Generasi Hebat

Kepala SMAN 1 Pakong Dr. Suharnianto

Banyak sekali perubahan di IAIN Madura. Apalagi sekarang dosennya muda-muda dan rektornya enerjik.

Sejak berubah menjadi IAIN Madura, ruang lingkupnya sangat luas. Dari sisi kemahasiswaannya, sangat signifikan peningkatannya, dan jurusannya setiap tahun semakin bertambah. Salah satu perkembangan yang luar biasa menurut saya.

Selamat Ulang Tahun ke-55 IAIN Madura. Teruslah berkarya demi menciptakan generasi hebat masa depan.

Semoga Jadi Barometer Kampus Islam di Indonesia

Owner Asela Bukat Riyono

Harapan saya terhadap IAIN Madura yaitu harus menjadi barometer kampus Islam di Indonesia sehingga cerminan pendidikannya bisa merepresentasikan islam secara kaffah.

Indonesia sangat butuh peranan lulusan kampus Islam untuk bisa melahirkan pemimpin amanah. Selain itu, maju tidaknya  tergantung masyarakat juga. Juga diperlukan dukungan para pendidik yang betul-betul agamis.

Semoga IAIN Madura ini bisa mewujudkannya. Saya sebagai alumnus IAIN Madura menyadari bahwa IAIN Madura sudah mengajarkan keislaman dan kreativitas kepada mahasiswa. Selamat Ulang Tahun ke-55 IAIN Madura

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *