Tarif Parkir Naik, Target PAD Meningkat Jadi Rp900 Juta

  • Whatsapp
SUMBER PAD: Kondisi parkir di Kabupaten Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Tarif parkir kendaraan bermotor resmi dinaikkan. Tarif ini berlaku mulai awal tahun 2020   dengan kenaikan tarif mencapai 100 persen . Hal tersebut berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) no 56 tahun 2019 tentang Perubahan Besaran Tarif Retribusi Tempat Khusus Parkir atas Perda Nomor 9 Tahun 2010 tentang Retribusi .

Kenaikan tarif parkir ini secara otomatis juga menaikkan pendapatan asli daerah (PAD). Karena target PAD dari parkir juga dinaikkan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Ariek Moen.  Ia mengatakan, target PAD tahun 2019 mencapai Rp800 juta sedangkan tahun 2020 target PAD naik menjadi Rp900 juta. Jadi, nantinya PAD akan dikembalikan lagi ke masyarakat Bangkalan

“Kita memang ditarget oleh pemerintah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dalam setiap tahunnya dari sektor parkir,” tuturnya.

Kenaikan PAD tersebut bukan dari sektor parkir saja melainkan juga dari seluruh sektor yang menjadi tanggung jawab Dishub seperti sektor terminal, parkir, juga bidang pengujian.

Ia menambahkan, sebenarnya pihaknya berkeberatan terhadap kenaikan target PAD ini. Sebab, 60 persen lahan parkir dikelola langsung oleh Bapenda, sementara Dishub hanya mengelola

parkir yang ada di bahu jalan dengan tempat khusus parkir. Selain itu, kesulitan lainnya adalah banyak petugas parkir yang tidak menyetor hasil parkir setiap bulan. Namun demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar target PAD tersebut bisa dicapai di akhir tahun. (km50/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *