Tatib DPRD Pamekasan dalam Tahap Harmonisasi, Bamus Agendakan Paripurna Awal Oktober

  • Whatsapp
Tatib DPRD Pamekasan sudah dibahas, tinggal menunggu jadwal paripurna penetapan tatib oleh Bamus DPRD.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan berusaha merampungkan tata tertib (tatib) atau acuan dan referensi DPRD dalam setiap kegiatan kedewanan. Salah satu poin yang tercantum dalam tatib tersebut yaitu tentang pergantian antar waktu (PAW) kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) pembahasan tatib DPRD Pamekasan Maskur Rasid mengatakan, tatib DPRD sudah selesai dibahas oleh pansus. Saat ini, tatib itu sedang diharmonisasi oleh Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Timur. 

Bacaan Lainnya

Maskur menyebut, harmonisasi itu dilakukan guna memastikan tatib DPRD tidak bertentangan dengan regulasi di atasnya. Untuk menindaklanjuti tatib itu, pihaknya menunggu selesainya harmonisasi. Sembari menunggu harmonisasi, pihaknya juga menunggu Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Pamekasan menjadwalkan agenda rapat paripurna penetapan.

“Sudah tahap harmonisasi di Biro Otda Pemprov. Tinggal menunggu jadwal dari Bamus,” ucap pria yang familiar dengan panggilan Hamas itu.

Sementara itu, Ketua Bamus DPRD Pamekasan Fathor Rohman mengatakan, akan melaksanakan rapat di internal Bamus besok (hari ini, red). Pihaknya akan menjadwal pelaksanaan rapat paripurna penetapan tatib DPRD di awal bulan Oktober nanti. Paripurna penetapan tatib DPRD akan dikebut karena juga berkaitan dengan pemilihan wakil bupati (wabup) Pamekasan.

Kendati begitu, panitia pemilihan (panlih) wabup sudah dibentuk bulan Maret lalu. Berdasarkan regulasi yang berlaku, pendaftaran calon wakil bupati (cawabup) dibuka tiga hari setelah penetapan panlih. Namun, karena tatib DPRD memerlukan perbaikan, maka panlih untuk sementara waktu harus vakum, menunggu selesainya tatib DPRD.

“Oleh karena itu, saya minta kepada masyarakat untuk bersabar,” ucap pria yang juga menjabat ketua DPRD Pamekasan itu. 

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *