oleh

Teganjal Covid-19, Bappeda Khawatir IKS Menurun

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Capaian indeks kesalehan sosial (IKS) tahun 2020 kemarin mencapai 81,307 point. Namun, untuk tahun 2021 ini, dikhawatirkan tidak akan bisa melampaui pencapaian tahun sebelumnya. Salah satu indikasinya, penyebaran Covid-19. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pamekasan, Taufiqurrahman, Minggu (14/3/2021).

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi berbagai corak kehidupan masyarakat. Terutama capaian IKS. Sebab, capaian dari berbagai program yang telah dirancang dengan baik perlu adanya berbagai akomodasi dalam pencapaiannya. Apalagi dengan adanya refocusing dan rasionalisasi anggaran yang dilakukan pada tahun 2021 dengan belum tertanganinya pandemi global Covid-19.

“Tentunya dari setiap program, ada beberapa indikator, pada anggaran 2021 bisa sampai nggak kesana (mencapai 81, 307 point red), tapi itu target sebelum Covid-19, artinya pembiayaan masih sebelum Covid-19,” paparnya.

Taufik menjelaskan, untuk mencapai IKS pada tahun 2021 ada beberapa strategi yang diupayakan. Yakni, melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat melalui berbagai program sosial keagamaan yang sudah melekat di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga, jika melihat kultur dari warga yang tinggal di Pamekasan perlu adanya dorongan masif dari semua pihak.

Tujuannya, untuk mencapai IKS, mulai dari sikap sopan santun masyarakat, cara berkomunikasi masyarakat, ataupun kegiatan ibadah masyarakat dan lain sebagainya. “Jadi, pada prinsipnya kami akan terus mendorong dengan berbagai perangkat yang kami miliki,” janjinya. (rul/ito)

Data Bappeda Kabupaten Pamekasan

  • Capaian IKS Tahun 2020 81,307 point
  • Khawatir Capaian Tahun 2021 Menurun
  • Covid Sangat Mempengaruhi Capaian IKS

Salah Satu Upaya Bappeda Kabupaten Pamekasan untuk Peningkatan Capaian IKS Tahun 2021

  • Melakukan Pendekatan Kepada Masyarakat Secara Persuasif
  • Baik Melalui Berbagai Program Sosial Keagamaan di OPD
  • Perlu Adanya Dorongan Massif dari Semua Pihak

 

Komentar

News Feed