Tekan Graduasi, Koorkab PKH Sampang Wacanakan Pasang Stiker Miskin

  • Whatsapp
(KM/IST FOR KM) JADI ATENSI: KPM PKH diminta segera mengajukan graduasi jika sudah mampu.

Kabarmadura.id/Sampang-Guna mendorong peningkatan jumlah Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di Kabupaten Sampang, bisa terlepas dari ketergantungan terhadap program bantuan sosial kerakyatan atau graduasi, Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Sampang, berencana akan melakukan pemasangan stiker berlabel sangat miskin di setiap rumah KPM.

Hal itu disampaikan oleh Koorkab PKH Sampang Nanang Muldiyanto. Menurut dia, pada tahun 2020 pihaknya memiliki program pemasangan stiker atau papan pemberitahuan di setiap rumah KPM yang bertuliskan “Keluarga sangat miskin yang menjadi KPM PKH dan BPNT”.

Diungkapkannya, tujuan dari pemasangan stiker itu, tidak lain untuk mendorong KPM PKH yang sudah mampu agar mengajukan graduasi. Terlebih menurutnya, graduasi merupakan salah satu bukti keberhasilan bansos kerakyatan tersebut.

Pasalnya KPM yang graduasi, dinilai sudah mampu merubah pola pikir, dan mengalami peningkatan dari sisi ekonominya, mempunyai usaha dari cara menabung dan tidak perlu lagi mendapat bantuan dari pemerintah.

“Mulai tahun ini kami akan melakukan pemasangan stiker berlabel sangat miskin di setiap rumah penerima manfaat, maka kami minta para KPM yang sudah mampu segera mengajukan graduasi,” ungkap Nanang, Minggu (26/1/2020).

Dirinya menjelaskan, ada tiga kategori dalam graduasi. Pertama, graduasi mampu, adalah KPM yang sudah mampu dan tidak memerlukan bantuan PKH lagi. Kedua, graduasi mandiri, yakni KPM yang masih layak tapi memilih mengundurkan diri dengan berbagai alasan.

Kemudian yang ketiga, graduasi sejahtera mandiri, yakni KPM yang sudah punya usaha yang modalnya diperoleh dari bantuan PKH selama ini.

“Selain meminta kesadaran KPM agar mengajukan graduasi, kami aktif melakukan kegiatan family development session (FDS) /P2K2, harapannya KPM yang mampu bisa mengajukan graduasi,” bebernya.

Sambung Nanang, pada tahun 2019 kemarin, tercatat ada 40 KPM yang mengajukan graduasi, Perincian graduasi mampu, berjumlah 25 penerima, graduasi mandiri baru 1 dan graduasi sejahtera mandiri 14 penerima. Adapun total jumlah KPM PKH di Kabupaten Sampang sebanyak 71.343 penerima, dan mulai tahun ini akan dilakukan pemasangan stiker berlebel miskin. (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *