oleh

Telisik Nakhoda DPD KNPI Sampang Periode 2021-2024

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Kepercayaan memimpin sebuah organisasi tidak didapatkan secara instan. Namun butuh proses dan perjuangan. Seperti halnya perjalanan Nurul Huda yang menerima amanah sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sampang periode 2021-2024.

Berbekal pengalaman organisasi dan pengetahuan yang mempuni, Ia berhasil menyakinkan dan merangkul mayoritas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di wilayah itu, hingga akhirnya terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah (Musda) VI, bertempat di aula kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang, Rabu (3/3/2020).

Pria kelahiran Sampang 1988 lalu itu menceritakan, awalnya dirinya rutin bersilaturrahmi kepada teman-teman OKP, setelah itu, ia berkesimpulan, ternyata OKP di daerah yang berjuluk Kota Bahari itu mengalami krisis kepercayaan terhadap KNPI sejak beberapa tahun terakhir ini.

Ia menambahkan, selama dua tahun terakhir ini, keberadaan KNPI di Kabupaten Sampang kerap kali berpolemik,  apalagi sedang ditempati oleh oknum-oknum yang sedang berkonflik. Untuk itu, alumnus Universitas Bhayangkara Surabaya itu mencoba memberikan spirit dan harapan baru untuk teman-teman OKP.

“Bahwa keberadaan KNPI Sampang ini adalah rumah bersama, tempat untuk menyalurkan ide terbaik, dan untuk berkontribusi nyata terhadap daerah yang kita cintai ini,” tutur pria yang akrab disapa Ra Huda itu kepada Kabar Madura, Kamis (4/3/2021).

Dirinya  membeberkan, para pemuda yang berada di OKP itu, pasti memiliki gagasan cemerlang, hanya saja terkadang masih terkendala dengan wadah untuk menyalurkan pemikirannya tersebut tersebut.

“Awalnya, saya mencoba meyakinkan dan merangkul semua OKP ini, dan kami berkomitmen memperbaiki sistem organisasi ini, khususnya  di internal KNPI sendiri, bahkan kami menargetkan struktur organisasi bisa sampai hingga tingkat kecamatan,” ulas pria yang sekaligus menjabat Wakil Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sampang itu.

Pada awal masa kepemimpinannya, Ra Huda berjanji akan fokus memperbaiki sistem dan struktur organisasi. Jika nanti sistemnya dirasa sudah matang, maka ia akan tekankan kepada para pemuda yang tergabung dalam KNPI agar mandiri secara organisasi.

“Intinya ke depan, KNPI ini akan memberikan sesuatu yang terbaik, dan yang tak kalah penting terus bisa bersinergi dengan pemerintah,” tugasnya dengan optimistis.

Sementara itu, Nurul Huda terpilih menjadi ketua DPD KNPI Sampang pada Musda VI, setelah dirinya berhasil mengantongi rekom sebanyak 14 dari total 16 OKP di Kabupaten Sampang, hingga terpilih secara aklamasi. (sub/maf/*)

CURRICULUM VITAE
*DATA PRIBADI
Nama : Nurul Huda, S.HI.,MH
Tempat Tanggal Lahir : Sampang, 25 Desember 1988
Alamat : Selong Permai II Blok B No. 13 Kelurahan Gunung Sekar, Kec. Sampang Kab. Sampang
*PENDIDIKAN TERAKHIR
S-1 : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang – 2009
S-2 : Universitas Bhayangkara Surabaya –  2017
*PENGALAMAN ORGANISASI
–    Pengurus Komisariat PMII UIN Maulana Malik Ibrahim – 2009
–    Ketua Ikatan Mahasiswa Progresif Sampang – Malang 2009
–    Wakil Sekretaris Asosiasi Mediator Peradilan Indonesia 2014
–    Sekretaris Koperasi Nasional Perwakilan Sampang 2009 – 2022
–    Wakil Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kab. Sampang 2020 – 2022
* PENGALAMAN KERJA
–    Mediator Pengadilan Agama Sidoarjo 2012
–    Dewan Pengawas Syari’ah BAS Sampang 2020 – Sekarang

 

 

 

Komentar

News Feed