Tempat Relokasi Belum Selesai, Taman Arlan Belum Steril dari PKL

(FOTO: KM/ALI WAFA) RAMAI: Suasana taman Arek Lancor di sore hari ditempati PKL dan ramai oleh pengunjung.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) masih beroperasi secara liar di area monumen Arek Lancor (Arlan). Padahal, kawasan tersebut harus steril dari para pedagang.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Pamekasan Muttaqin mengatakan, pihaknya masih belum bisa merelokasi PKL. Sebab tempat untuk dijadikan pusat beroperasinya PKL sampai saat ini belum selesai dibangun.

Pihaknya berencana, lokasi eks rumah sakit umum daerah (RSUD) di Jalan Kesehatan akan dijadikan pusat penempatan para PKL. Namun pembangunan di lokasi itu hanya sampai pemasangan paving.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, di lokasi itu masih akan dibangun tempat representatif yang ideal untuk ditempati para PKL. Pemkab masih akan menggelar lelang terbuka untuk melanjutkan pembangunan di tempat tersebut. “Kalau tempatnya sudah siap baru kami rencanakan relokasinya,” ucap Muttaqin.

Namun Muttaqin belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan lelang. Sebab pihaknya saat ini masih menyiapkan dokumen kelengkapan lelang dan koordinasi dengan bagian pengadaan barang dan jasa. Ia menegaskan, lelang diusahakan dilaksanakan awal tahun ini.

Sementara itu, area taman Arlan sampai saat ini kerap dijadikan tempat beroperasinya PKL. Setiap sore hingga malam hari, Taman Arlan di sisi bagian barat kerap ramai diisi PKL. Muttaqin mengonfirmasi bahwa lokasi itu harus steril dari PKL.

“PKL Arlan sebenarnya sudah digeser. Tapi saya tidak tahu digeser ke mana. Karena saya masih baru di Diskop,” ucap Muttaqin.

Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak, karena untuk ditertibkan, PKL belum memiliki tempat. Sementara Kepala Kasi (Kasi) Penyelidikan dan Penyidikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan, Hasanurrahman mengatakan, kewenangan menertibkan PKL ada pada bidang ketentraman dan ketertiban umum (trantibum).

Reporter:  Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.