Temukan Kerusakan, DPRD Pamekasan Prediksi Proyek Jalan Bujur Barat Labrak Deadline

(FOTO: KM/ALI WAFA) PERKIRAAN: Setelah meninjau, Komisi III DPRD Pamekasan memprediksi pembangunan jalan Pegantenan-Bujur diyakini tidak bisa selesai sesuai tenggat waktu.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sedang berupaya menuntaskan pembangunan infrastruktur. Salah satu infrastruktur yang sampai saat ini belum selesai yaitu pembangunan jalan Bujur Barat. Jalan sepanjang 11 kilometer itu hingga saat ini masih dikerjakan.

Karena pembangunan jalan itu termasuk dalam program prioritas Pemkab Pamekasan tahun ini, maka beberapa waktu yang lalu Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan melakukan inspeksi mendadak (sidak). Sidak tersebut guna memastikan pengerjaan jalan dilakukan dengan baik.

Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Ismail menjelaskan, saat meninjau pembangunan jalan itu, dia melihat struktur tanah yang bergerak, sehingga sangat berpotensi merusak jalan yang sudah terbangun. Karena itu, pihaknya meminta agar bahu penahan jalan dikerjakan terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

“Agar hotmix itu tidak rusak oleh bergeraknya tanah,” ucap politisi Partai Demokrat itu.

Pihaknya khawatir, bahu penahan jalan tidak diperkokoh, akan terjadi tanah longsor. Mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi. Proyek tersebut ditarget selesai selambat-lambatnya pada 17 Desember mendatang.

Namun, saat pengerjaannya ditinjau, dia yakin tidak mungkin dapat diselesaikan pada 17 Desember. Dia meyakini, penyelesaian proyek tersebut akan molor melebihi 17 Desember. Karena kondisi tersebut, pengerjaan dilakukan saat siang dan malam hari.

Kendati dikejar waktu, Ismail menekankan agar rekanan tetap mengutamakan kualitas pembangunan. Selain itu, menekan rekanan agar membangun sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang ada. Dia tidak ingin jalan yang baru dibangun rusak dalam hitungan pekan.

“Kalau kami cek materialnya bersama tim pengawas, sudah sesuai. Tapi kalau dilihat dari hasil pengerjaan itu, tidak mungkin selesai di tanggal 17 Desember ini,” pungkas Ismail.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan