Tenaga Apoteker di Puskesmas Minim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) TIDAK IDEAL-Mayoritas puskesmas di Kabupaten Sumenep masih tidak memenuhi standar ideal untuk pemenuhan tenaga apoteker.

KABARMADURA.ID, Sumenep – Salah satu indikasi tidak maksimalnya pelayanan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yakni terbatasnya tenaga apoteker. Idealnya setiap puskesmas harus memiliki dua apoteker yang ditugaskan untuk memberikan fokus pelayanan di bidang pengobatan. Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep, Agus Mulyono, Rabu (22/10/2020).

“Hitungan idealnya seperti itu, tapi untuk di puskesmas belum, nyaris semua produk puskesmas belum ada apotekernya,” ujarnya

Bacaan Lainnya

Menurutnya tenaga apoteker harus disediakan secara ideal. Sebab ketersediaannya merupakan jaminan keamanan mutu dan manfaat bagi pasien yang mengkonsumsi obat tertentu sesuai dengan penyakit yang diderita pasien. Demi menjaga keamanan mutu dan manfaat itu dibutuhkan tenaga teknis yang memiliki kompetensi di bidang obat-obatan.

“Setiap puskesmas membutuhkan apoteker untuk mengatur pendistribusian obat tersebut. Namun, jumlah tenaga apoteker di Sumenep sangat sedikit. Dari 30 puskesmas, baru tersedia tidak sampai 50 persen,” paparnya.

Agus mengatakan, meski ada keterbatasan tenaga teknis di bidang pengelolaan obat-obatan, pemerintah tidak tinggal diam. Tenaga di puskesmas dilatih menjadi tenaga profesional untuk lebih maksimal dalam mengelola obat. “Upaya rekrutmen kami lakukan, tapi untuk yang sesuai dengan tupoksi memang kesulitan di Sumenep ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Roza Ardi Kautsar mengatakan, sejak awal pihaknya memang sudah meminta dinas terkait agar selalu aktif membantu pelayanan, terutama dinas-dinas mitra kerjanya. “Tidak ada pemetaan wilayah, kepulauan dan daratan memang harus sama-sama mendapatkan hak atau fasilitas yang sama, baik dari segi kesehatan, ekonomi, dan sebagainya,” paparnya. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *