Terapkan Perubahan Perda BUMD Perseroda Sumber Daya di Bangkalan Secara Profesional

(FOTO: KM/FAIN NADOFATUL M.) Muhammad Fahad Ketua DPRD Bangkalan

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroda Sumber Daya mulai menjadi pembahasan eksekutif dan legislatif.  Pihak eksekutif mengusulkan adanya perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2007 tentang Perusahaan Perseroan Sumber Daya. Atas perubahan itu,  perusahaan tersebut agar lebih profesional dan lebih efisien dalam melaksanakan usahanya.

Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad menyampaikan, Perseroda Sumber Daya didirikan dengan tujuan untuk memberikan manfaat. Khususnya bagi perkembangan perekonomian daerah pada umumnya. Sehingga harus mampu memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. “Perusahaan ini didirikan untuk membantu pendapatan daerah. Jadi melalui programnya harus bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya, Minggu (5/12/2021).

Fahad memaparkan, perusahaan Perseroda Sumber Daya juga harus berfungsi sebagai salah satu penyumbang bagi penerimaan daerah. Baik dalam bentuk pajak, dividen, maupun hasil privatisasi. Maka, melalui perubahan regulasi itu nantinya harus bisa memfungsikan semua lini tentang roda perekonomian masyarakat.

“Kami berharap dengan perubahan perda ini, nantinya BUMD benar-benar mampu mengemban amanah menjadi salah satu perusahaan yang  bisa mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Perseroda Sumber Daya Fauzan Jakfar menuturkan nilai modal dasar PT Perseroda sebesar Rp19,5 miliar, kegiatan bidang usaha sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI) terbaru. Yakni menetapkan modal usaha dan perubahan nilai saham, serta menetapkan perubahan pemilik saham.

“Untuk berkontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD), kami akan petakan terlebih dulu bisnis utama apa yang menjadi fokus kami. Karena tugas dan tujuan kami mencari keuntungan dan laba, tentunya kami akan terus berkomunikasi dan koordinasi dengan pihak lain yang bisa menjadi mitra,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menambahkan jika pola perencanaan bisnis, sudah menekankan pada direksi Perseroda Sumber Daya. Sehingga semua kegiatan didasari melalui studi kelayakan, orientasi pasar, faktor strategis serta potensi yang ada di daerah. “Kami akan membangun perusahaan dengan tata kelola manajemen yang baik, profesional,” janjinya.

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan