oleh

Terdampak Covid-19, Pengiriman Sapi ke Luar Madura Menurun

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pengiriman Hewan Ternak sapi maupun kambing ke luar Madura menurun. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mempengaruhi perekonomian para peternak yang berada di Kabupaten Bangkalan.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu peternak hewan, Ahmad  Junaidi. Ia mengaku bahwasannya pengiriman sapi ke luar Madura berkurang .

“Pada tahun sebelumnya saya mengirim sapi  antara enam sampai sepuluh sapi, akan tetapi saat ini pengiriman sapi sudah berkurang  terkadang mengirim lima sapi ,” jelasnya, Kamis (23/7/2020).

Pihaknya menyebutkan, bahwasananya pengiriman sapi tersebut lantaran pemeriksaan hewan sangat ketat sebab jika ada salah satu sapi yang dirasa kurang sehat maka sapi tersebut tidak boleh dikirm ke luar Madura.

“Dengan adanya sapi yang di kirim tersebut tentunya diperiksa terlebih dahulu oleh petugas. Sebab jika ada salah satu sapi yang kurang sehat atau sakit maka sama petugas disuruh jangan dikirim hingga sapi tersebut benar benar sehat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Peternakan Bangkalan Ahmad Hafid mengatakan penurunan jumlah hewan yang dikirim ke luar Madura akibat dari Covid-19.

“Pengiriman sapi ke luar Madura memang berkurang, namun tidak begitu parah,” jelasnya.

Pihaknya menyebutkan bahwasanya pada tahun kemarin sapi Madura yang di kirim ke luar Madura kurang lebih mencapai 32.133 ekor sapi jantan. Sementara untuk tahun 2020 hingga 19 Juli 2020 adalah 15.215 ekor.

” Pada tahun sebelumnya sapi Madura yang dikirim ke luar Madura kurang lebih mencapai 30 ribu ekor sapi, itu pun bagi sapi jantan saja. Sedangkan sapi betina tidak boleh dikirim ke luar Madura,” jelasnya.

Adapun jumlah surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) tahun 2020 hingga 19 Juli 2020 mencapai 1.118 lembar. Rinciannya, SKKH antarkabupaten adalah 249 lembar, dan SKKH antarprovinsi sebanyak 869 lembar. Sementara pada tahun sebelumnya total SKKH yang diterbitkan adalah 3.785 lembar dengan rincian SKKH antarkabupaten sebanyak 2.135 lembar dan SKKH antarprovinsi berjumlah 1.650 lembar. (sae/pai)

 

Komentar

News Feed