Terdeteksi 11 Orang Kontak dengan Dua Pasien Terinfeksi Covid-19 Pamekasan

  • Bagikan
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENANGANAN: Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan Achmad Marsuki melakukan penyelidikan epediomologi (PE) kepada orang kontak erat dengan pasien terinfeksi Covid-19.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Bertambahnya dua orang terinfeksi Covid-19 pada Selasa (14/4/2020),  peta sebaran Covid-19, di Kabupaten Pamekasan sudah ditetapkan ada empat kecamatan sebagai zona merah, Rabu (15/4/2020).

Selain itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan juga melacak dan melakukan penyelidikan epediomologi (PE) kepada orang yang pernah kontak dengan dua orang tersebut.

Tujuannya, untuk mengetahui kronologis kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19, agar ketika ditemukan gejala, bisa segera ditangani dengan cepat sehingga memutus mata rantai penyebarannya.

Sementara ini, 11 orang di Kecamatan Proppo dinyatakan pernah berkontak langsung dengan terinfeksi Covid-19 keempat dan kelima di Pamekasan itu.

“Jadi kontak erat bisa saja anggota keluarga, bisa orang dekatnya, bisa sopirnya, dan  tetap berjalan PE-nya, sementara Proppo sampai jam sekarang (pukul 12.00), kami pantau 11 orang,” ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan Achmad Marsuki.

Pria yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan itu juga menjelaskan, dalam melakukan PE, dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 30 menit per orang.

“Untuk rapid test sesuai dengan indikasi gejalanya, jadi tidak semua orang dilakukan rapid test, tergantung gejala dari hasil PE itu kan nanti muncul ODR, muncul ODP,” ungkapnya.

Sejauh ini, sebaran wabah menurut data Satgas Covid-19 Pamekasan per 15 April 2020, jumlah orang dalam resiko (ODR) ada 3.585 orang, orang dalam pengawasan (ODP) ada 107 orang, jumlah PDP negatif Covid-19 2 orang, terinfeksi Covid-19 ada 5 orang dan 1 orang sudah meninggal.

Sedangkan empat kecamatan yang sudah ditetapkan sebagai zona merah, yakni Proppo, Galis, Larangan dan Pademawu. (rul/waw)

 

Baca juga  Rp7,2 M Pemasangan PJU di 52 Lokasi Kabupaten Sampang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan