Terima Penyerahan SGB, Bupati Bangkalan Anggarkan Perawatan Rp1,8 M

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MEGAH: Kondisi Stadion Gelora Bangkalan (SGB) terlihat lebih berkelas dan siap digunakan untuk latihan sepak bola persiapan Piala Dunia U-20.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembalikan aset Stadion  Gelora Bangkalan (SGB) terhadap pemerintah kabupaten (pemkab). Hal itu dilakukan, setelah perbaikan selesai dikerjakan oleh Kementerian PUPR sebagai penanggung jawab atas proyek tersebut, Senin (15/11/2021).

Sebab, meski dalam masa pemeliharaan kondisi SGB bisa digunakan untuk latihan sepak bola. Sehingga untuk pengelolaannya diserahkan terhadap daerah. “Dengan demikian tahun 2023 nanti kondisi tetap bagus dan bisa digunakan sebagai tempat latihan piala dunia U-20,” ujar Kepala bidang (Kabid) Pengembangan Wilayah Timur Direktorat Jenderal Cipta Karya Pusat Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar Kementerian PUPR Usman Hermanto.

Menurutnya, jika ada kerusakan sebelum masa pemeliharaan tuntas, Yakni selama enam bulan, maka yang bertanggungjawab pemkab sebagai penerima manfaat dari adanya SGB tersebut. “Habis masa pemeliharaan sampai akhir bulan November nanti. Kalau ada kerusakan, kami lihat dulu implikasi kerusakannya. Kalau itu implikasi dari penggunaan, maka yang menggunakan yang bertanggungjawab,” ucapnya.

Akan tetapi, jika kerusakan terjadi dari teknis pekerjaan dari pihak ketiga, maka pelaksana yang akan bertanggungjawab untuk memperbaikinya. Sehingga pelaksana perbaikan SGB masih memiliki tanggungjawab untuk melakukan peninjaun rutin. “Jadi kami kroscek dulu kerusakannya, bukan berartgi kami lepas tanggungjawab mengenai hasil pekerjaan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron yang menerima penyerahan aset berjanji, akan memanfaatkan SGB sesuai dengan fungsinya. Yakni, sebagai tempat olahraga khususnya sepak bola. Bahkan, akan melarang pemanfaatan SGB untuk kegiatan hiburan. Seperti konser musik maupun hiburan lainnya.

“Jadi seperti orkes dangdut atau lainnya kami larang, kalau sebagai latihan sepak bola tidak masalah, yang penting harus dimanfaatkan oleh kegiatan olahraga,” responnya.

Pihaknya menuturkan, agar menjaga hasil perbaikan SGB yang kini nampak lebih baik dengan cat baru dan fasilitas baru, telah menganggarkan untuk perawatan atau pemeliharaan stadion sebesar Rp1,8 miliar. “Tentunya ini sangat bermanfaat bagi Bangkalan, khususnya untuk persiapan Piala Dunia U-20 yang akan datang sebagai tempat latihan. Mudah-mudahan ini bisa mengangkat citra Bangkalan dan atlet-atlet bisa  memacu semangat dan berprestasi,” harapnya.

Reporter: Fa’in Nadofatul M.

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *