Terindikasi Bermasalah, 28 Desa Diperiksa Inspektorat

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Inspektur Inspektorat Kabupaten Pamekasan memeriksa 28 desa dari 178 desa yang ada di Pamekasan. Hal itu terkait dengan beberapa pengerjaan proyek di desa-desa tersebut.

Menurut Inspektur Inspektorat Kabupaten Pamekasan Moh Alwi, pemeriksaan untuk desa-desa tersebut dilakukan secara bersama-sama dan ditemukan ada beberap desa yang pengerjaan infrastrukturnya yang bermasalah, termasuk secara administratif.

Saat ini 28 desa itu dalam tahap perbaikan untuk segala hal yang menajadi cataan dari inspektorat Pamekasan. Sehingga kejadian itu bisa menjadi perhatian kepada desa yang lain dalam mengawal pembangunan di desanya.

“Karena kita juga ingin ada peningkatan kapasitas di desa. Makanya desa itu yang kita periksa, kita panggil ke sini (inspektorat),” ungkapnya.

Adapun tujuannya, menurutnya supaya kesalahan yang terjadi pada pembangunan sebelumya tidak terulang kembali.

“Kita bisa berdiskusi di sini ini harapannya adalah tidak ada kesalahan berulang,”ujarnya.

Alwi juga menjelaskan untuk pengawasan ke depan, ada tiga fokus pengawasan yang akan dilakukan oleh pihaknya. Di antaranya, penataan usaha keuangan desa, pembayaran perpajakannya, dan kesesuaian antara RAB dengan pengerjaan fisik.

Ia menambahkan, pihaknya menemukan bahwa rata-rata di desa ada masalah dalam pembayaran pajak serta bukti pengeluaran yang tidak tersusun dengan rapi sehingga ketika pemeriksaan tidak bisa ditunjukkan kepada tim pemeriksa.

“Tidak adanya  bukti pendukung dari pengerjaan pembangunan. Tetapi  ternyata setelah berjalan beberapa lama, baru ada. Selain itu juga tidak ada kesesuaian antara RABdes dengan pelaksanaan di lapangan,” pungkasnya. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *