oleh

Terjaring, Puluhan MPU Gelap di Sampang Tidak Disanksi

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, melakukan menemukan puluhan kendaraan plat hitam yang sengaja dijadikan Mobil Penumpang Umum (MPU) di wilayah Kota Bahari. Sayang, meski sudah mengantongi data MPU gelap itu, Dishub Sampang tidak memberikan sanksi tegas terhadap pemilik MPU gelap itu.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Dishub Sampang Moh Khotibul Umam mengatakan, ada sebanyak 98 kendaraan plat hitam terjaring pendataan karena dijadikan MPU gelap. Puluhan kendaraan tersebut ditemukan di empat titik, yakni di Jalan Kusuma Bangsa sebanyak 34 kendaraan, pasar tradisional sebanyak 40 kendaraan, eks stasiun 8 kendaraan, dan terminal 16 kendaraan.

“Kali ini hanya sebatas mendataan saja, tidak ada sanksi. Para pemilik kendaraan MPU gelap ini akan dipanggil untuk diberi pembinaan, agar plat nomor kendaraannya diubah menjadi plat kuning,” kata Khotibul Umam, Minggu (5/1/2020).

Dirinya menyampaikan, pendataan kendaraan MPU gelap dilakukan bersama tim dari anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort (Satlantas Polres) Sampang, TNI dan Satpol PP Sampang.

Pendataan MPU gelap tersebut lanjut dia, sebagai salah satu upaya dalam rangka mendisiplinkan dan menertibkan kendaraan plat hitam yang beroperasi sebagai kendaraan umum, serta untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dari sektor pajak kendaraan.

“Pendataan MPU gelap ini, merupakan instruksi dari bupati, yang bertujuan untuk mendorong peningkatan PAD Sampang,” terang mantan Kabid Perhubungan Laut Dishub Sampang itu.

Dirinya melanjutkan, selama satu bulan kedepan, pihaknya bersama instansi terkait, akan terus melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi yang biasa dijadikan tempat mangkal MPU gelap, serta melakukan pendataan dan sosialisasi, sehingga tidak ada lagi kendaraan plat hitam yang dijadikan MPU di Sampang.

“Kami berkomitmen akan menertibkan endaraan yang tidak sesuai peruntukannya ini, agar bisa menekan terjadinya kebocoran PAD dan tidak ada MPU gelap lagi,” sesumbarnya (sub/pin).

 

Komentar

News Feed