oleh

Terkendala Covid-19, Pembentukan Desa Kawasan Terancam Gagal

Kabarmadura.id/Sumenep-Rencana Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep untuk membentuk desa kawasan masih mandek dan terancam gagal. Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Tabrani menyampaikan, rencana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa dengan mendirikan desa kawasan masih belum ada kepastian.

“Saat ini kami masih fokus ke persiapan studi banding, selain anggaraan banyak dipangkas, beberapa bulan terakhir kami buntu, tidak bisa memanggil para kepala desa di daerah yang berpotensi,” katanya, kemarin.

Sehingga rencana tahun 2020 untuk membuat desa kawasan di daerah Pragaan dengan memaksimalkan potensi rengginang dan jajanan berbahan dasar pisang, terancam tidak terlaksana. Demikian pun di daerah Rubaru yang rencananya akan dimaksimalkan beragam produksi berbahan dasar bawang merah, juga masih belum matang.

“Karena cakupannya lebih besar dari BUMDes bukan hanya satu desa, minimal ada tiga desa yang harus dihimpun dengan kategori memproduksi berbahan dasar sama. Jika tidak seperti itu tidak bisa terbentuk,” imbuhnya.

Sementara untuk daerah yang sudah terlanjur berkembang, tetapi memproduksi beragam jenis, sedangkan berbahan dasar tidak dari daerah setempat maka pihaknya akan mencoba mengkoordinasikan dengan daerah lain.

“Misalnya seperti rengginang itu kan tidak ada bahan dasarnya di Kecamatan Pragaan, makanya akan coba koordinasikan dengan kecamatan lain. Sehingga bisa berputar hasilnya,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed