oleh

Terkendala Jaringan, Input Data Situng Lelet

Kabarmadura.id/SAMPANG – Proses input data hasil Pemilu 2019 Kabupaten Sampang ke sistem informasi perhitungan suara (Situng) KPU berjalan lamban. Hingga hari ketiga pencoblosan, hanya tercapai 30 persen input data yang masuk, itu pun belum semua hasil dari TPS (tempat pemungutan suara) masuk Situng KPU.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah mengaku ada sejumlah kendala yang dialami saat input data, yakni ketersediaan jaringan dan sistem yang terkadang lamban.

“Kita sudah punya 25 orang operator yang bertugas untuk input data hasil C1 ke Situng KPU, ditambah 10 orang pegawai internal tapi memang proses ini tidak semudah dibayangkan,” katanya.

Dikatakannya, untuk memasukan data perolehan suara, baik pilpres, DPR RI, DPRD dan DPR  dari satu TPS membutuhkan waktu hingga 10 hingga 25 menit, tapi dalam sistem ini ada verifikator, jadi ada proses di mana setiap data diverifikasi satu persatu.

“Masih diverifikasi terlebih dahulu, sehingga tahapannyapun tidak langsung masuk,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa proses tersebut sering kali terkendala jaringan server yang bermasalah, alhasil petugas harus ekstra sabar menunggu stabilnya jaringan.

“Kalau lagi lemot karena mungkin yang menggunakan seluruh Indonesia jadi cukup lama memasukan satu data,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa KPU Kabupaten Sampang bahkan menerjunkan tim input data situng yang dibagi dalam dua shift kerja. Karena ini urusan IT jadi sangat tergantung dengan lancar tidaknya jaringan internet. Kadang bagus cepat kadang tidak bisa input karena jaringannya lemah.

“Intinya kita berusaha secepat mungkin input data ke situng,” tukasnya.(awe/pai)

Komentar

News Feed