oleh

Terminal Ketapang Dialihkan Jadi Lahan Parkir

KABARMADURA.ID, Sampang -Keberadaan Terminal Ketapang berubah fungsi. Terminal yang sebelumnya direncanakan dibangun itu kini  dialihkan menjadi lahan parkir pasar.

Kabid Hubungan Darat Dishub Moh Khotibul Umam menuturkan, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor terminal Ketapang Sampang minim. Sebab, angkutan umum yang ke terminal tersebut sedikit. Sehingga, untuk menunjang PAD terminal tersebut dialihkan ke lahan parkir Pasar Ketapang.

“Sambil menyempurnakan terminal itu, kita jadikan lahan parkir untuk meningkatkan PAD,” ungkapnya, Minggu (4/10/2020).

Ditambahkannya, keberadaan kendaraan umum yang keluar masuk di terminal tersebut setiap harinya sedikit. Sebab, keberadaan kendaraan plat kuning di daerah itu hanya berjumlah satu hingga dua.

Sehingga, lanjut Umam, ketika mengharap retribusi dari keberadaan kendaraan plat kuning, jelas tidak mungkin. Maka dari itu terminal juga difungsikan sebagai tempat parkir setiap pasaran.

“Kalau kita mengharapkan retribusi keluar masuk angkutan di terminal itu jelas minim sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, Arifin Ketua Umum Forum Mahasiswa Sampang (Formas) menuturkan, jika lahan terminal tersebut dialihkan ke lahan parkir tentu administrasi yang harus segera dilengkapi. Hal itu untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) yang kerap terjadi di sektor parkir.

Selain itu, terkait minimnya plat kuning seharusnya pihak Dishub memberikan tindakan yang tegas. Sebab, dengan plat kuning pula akan menambah pendapatan asli daerah (PAD), bukan hanya dari sektor parkir saja.

“Jika memang dialihkan ke lahan parkir, administrasi harus dilengkapi, seperti bukti parkir dan lain sebagainya,” singkatnya, (mal/mam)

Komentar

News Feed