Terminal Trunojoyo Tidak Dilengkapi Alat Diteksi Suhu Cegah Virus Corona

  • Whatsapp
(KM.JAMALUDDIN) LUPUT: Di tengah kewaspaan terhadap penyebaran virus corona, Dinkes Sampang tidak melakukan tes kesehatan pada para penumpang di terminal setempat.

Kabarmadura.id/Sampang-Penyebaran virus corona masih mengancam masyarakata, tidak terkecuali di Kabupaten Sampang. Kendati demikian, hingga kini Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, tidak kunjung melakukan cek kesehatan bagi penumpang yang turun di Terminal Trunojoyo untuk memastikan penumpang yang keluar masuk Kota Bahari bebas dari paparan pandemi covid-19 itu.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional (Kasi Dal Ops) Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Ainur Rofiq mengatakan, kendaraan yang keluar masuk di terminal Trunojoyo selama 24 jam mencapai 122 bus dengan jumlah penumpang 760 orang.

Sayangnya kata dia, hingga kini belum ada pengecekan suhu atau kesehatan penumpang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Petugas hanya memberi cairan hand sanitizer di beberap titik untuk melakukan pencucian tangan penumpang sebelum masuk bus.

“Tidak ada alat pendeksi suhu penumpang untuk sementara ini,” ungkapnya, Kamis (19/3/2020).

Menanggapi hal tersebut Anggota Komisi IV DPRD Sampang Achmad Heriyanto Saleh mangatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang terminal perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut.

Apalagi kata dia, terminal merupakan salah satu lokasi yang berpotensi besar untuk menjadi titik awal penyebaran virus corona. Sebab, terminal merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dan keluar masuknya penumpang dari luar kota.

“Dinkes Sampang harus turun tangan mendeteksi penyebaran virus itu, sehingga potensi penyebaran bisa diantisipasi dan ditekan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi melalui Sekertaris Asrul Sani mengaku, sampai saat ini pihaknya belum melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang di terminal Trunojoyo.

Saat ini, pihaknya masih fokus melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah lokasi tertentu, seperti tempat pelayanan publik dan pusat perekonomian masyarakat.

“Alat termo screen untuk mendeteksi virus itu baru ada. Nanti kami akan rencanakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para penumpang di terminal terutama yang dari luar kota,” ujarnya.

Sementara itu, di tengah kekhawatiran penularan virus corona, pemohon pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, malah tetap membeludak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto mengatakan, pelayanan pembuatan data kependudukan masih buka seperti hari biasa. Hal itu sesuai dengan arahan bupati untuk tetap memberikan pelayanan, tentunya hal itu dibarengi imbauan agar masyarakat  tetap menjaga kesehatan diri dan menggunakan masker.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memasang tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan cairan hand sanitizer, agar masyarakat datang bisa melakukan sterilisasi sebelum masuk ruang pelayanan adminduk.

Meski pelayanan adminduk tetap berjalan, pihaknya mengimbau pada masyarakat yang kondisinya kurang sehat untuk tidak melakukan pengurusan data kependudukan. Karena, dispendukcapil tidak mempunyai alat deteksi suhu virus corona.

“Untuk pemohon yanh kondisinya kurang sehat, jika tidak begitu penting jangan mengurus dulu,” tutupnya. (mal/pin).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *