Terminal Wiraraja Belum Miliki Thermal Scanner, Penumpang Tanpa Pemeriksaan

  • Whatsapp
(KM/Razin) SEPI: Suasana terminal saat lagi sepi, bus banyak yang nganggur.

Kabarmadura.id/Sumenep-Berdalih demi kepentingan masyarakat banyak, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep menyatakan tidak perlu menutup atau mengeluarkan edaran larangan akses masuk terminal Arya Wiraraja. Hal itu disampaikan langsung oleh Kadishub Sumenep Agustino Sulasno. Menurutnya, tidak ada edaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk membatasi jumlah transportasi umum berjenis bus masuk ke kabupaten paling timur Pulau Madura ini.

“Ini kan demi kepentingan atau hajat orang banyak dan sudah sesuai dengan rekomendasi dari Ibu gubernur. Kami hanya hanya mengimbau masyarakat agar tetap memperhatikan kebersihan dan memberikan mereka masker,” katanya, Kamis (19/3/2020).

Disinggung pemeriksaan terhadap penumpang yang masuk ke Sumenep, pihaknya hanya memberikan masker. Sampai saat ini tidak ada pemeriksaan terhadap penumpang yang baru tiba ke Sumenep,  karena Dishub Sumenep tidak memiliki alat pendeteksi gejala awal covid-19 seperti thermal detector. Meskipun demikian, sudah ada tim khusus (timsus) yang sudah dibentuk berdasarkan koordinasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) lain. Meskipun tim ini tidak stand by di terminal.

“Kami juga masih belum mempunyai alat pendeteksi panas (thermal detector), terutama di terminal, kalau di bandara dan pelabuhan sundah ada. Tetapi dalam waktu dekat ini diupayakan cepat punya agar penumpang yang datang dan yang mau pergi itu bisa terdeteksi,” ujarnya.

Pihaknya juga akan mengkoordinasikan dengan perusahan bus terkait sterilisasisi bus dengan cairan disinfektan.

“Sejauh ini yang kami ketahui hanya PT Harianto yang aktif melakukan kegiatan disinfektan atau upaya pembersihan terhadap busnya, untuk operator yang lain memang kami harapkan juga bisa seperti itu,” pungkasnya. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *