oleh

Terpilih, 3 Nama Calon Sekda Disetorkan ke Bupati

Kabarmadura.id/Bangkalan-Setelah melalui proses seleksi tahap seleksi kompetensi dan penulisan makalah serta wawancara, kini dari 4 pendaftar calon Sekretaris Daerah (Sekda) Bangkalan gugur 1 orang. Calon Sekda yang gugur tersebut adalah Ahmad Faji, Assiten Administrasi Sekretriat Bangkalan.

Sementara itu, 3 lainnya yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Taufan Zairinsjah, Kepala Badan Pendapatam Daerah (Bapenda) Ismet Effendi, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Puguh Santoso tetap bertahan. Nilai yang tertinggi diperoleh oleh Ismen Efendi yang merupakan mantan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekkab Bangkalan.

Ketua Pansel Dr Muh Syarif mengungkapkan, pansel telah selesai melakukan tahapan seleksi. Artinya, pansel telah menentukan tiga nama yang akan diajukan kepada Bupati Bangkalan. Nama-nama yang telah ditetapkan tersebut akan disampaikan kepada bupati Bangkalan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Kita sudah melakukan tahapan sesuai dengan prosedur. Artinya saat ini tugas kita sudah selesai,” terangnya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Rektor UTM itu menambahkan, peringkat dari hasil assesmen dan uji kompetensi bukan jadi jaminan menjadi sekda. Pasalnya, semua keputusan menjadi hak bupati Bangkalan.

“Setelah ini kita akan mengirim surat ke Menpan RB dan gubernur. Sementara untuk jadwal pelantikan sepenuhnya menjadi keputusan bupati,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Hotib Marzuki mengingatkan agar Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Imron Amin memilih figur sekda yang visioner dan profesional. Sebab, seorang sekda harus mampu mengatur  serta membangun tata kelola pemerintahan yang baik.

“Hati-hati, jangan sampai menentukan sekda yang memiliki tipe penjilat, karena tugasnya berat sebagai pembantu pimpinan kepala daerah dalam menyusun kebijakan, serta mengkoordinasikan kepada dinas dan lembaga teknis,” tegasnya.

Berdasarkan hasil tahapan seleksi yang sudah dilalui, masing-masing kandidat memperoleh selisih nilai yang cukup tipis satu di antara lainnya. Tiga calon sekda yang ditetapkan pansel adalah Ismet Efendi memperoleh nilai 74,06, Taufan Zairinsyah dengan nilai 73,47 dan Puguh Santoso 73,01. (ina/pai)

Komentar

News Feed