Tersendat Operasional, 278 Koperasi Belum Miliki NIK

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BELUM SEMUANYA: Hanya terdapat 61 persen dari 713 koperasi yang mempunyai Nomor Induk Koperasi (NIK).

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan mencatat sebanyak 278 dari 713 koperasi belum memiliki  Nomor Induk Koperasi (NIK). Salah satu penyebabnya yaitu koperasi tidak aktif dan pembinaan yang tidak maksimal yang menyebabkan NIK tidak bisa diterbitkan.

Kepala Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata menuturkan, bahwa berdasarkan data terakhir tanggal 18 Agustus 2021, terdapat 61 persen dari 713 koperasi yang memiliki NIK. Sementara itu, yang belum memiliki NIK disebabkan operasionalnya tersendat beragam persoalan, mulai dari keanggotaan maupun rapat anggota tahunan (RAT) yang tidak dijalankan.

Bacaan Lainnya

“ Ada sekitar 61 persen,  dari total 713,”paparnya, Kamis (19/8/2021).

Ia juga menambahkan, penerbitan NIK dilakukan oleh pemerintah pusat dengan melengkapi berbagai kualifikasi yang telah ditentukan. Di antaranya yaitu koperasi aktif dan melakukan verifikasi online sistem data.

“NIK itu kan program pusat, itu melalui online sistem data. Jadi NIK itu terbit dengan sendirinya,” ulasnya.

Selain itu, Fata juga memaparkan, pembinaan telah dilakukan secara terus menerus untuk menghidupkan koperasi yang tidak aktif. Namun menurutnya, pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menyebabkan pembinaan diselenggarakan secara terbatas.

“Pembinaan yang dilakukan sekarang dibatasi oleh pembatasan-pembatasan yang sudah diketahui bersama, jadi pembinaan di tahun 2021 tidak maksimal, termasuk pada tahun 2020, semuanya terpengaruh karena penanganan Covid-19, ” pungkas Fata. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *