Tertibkan Pelanggan, PUDAM Trunojoyo Kejari Teken MoU

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) GANDENG: Direktur Pudam Sampang melakukan penandatangan MoU dengan Kejari dalam upaya menertibkan pelanggan Pudam di Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Trunojoyo Kabupaten Sampang bersama-sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang sepakat melakukan kerjasama dalam upaya penertiban pelanggan Pudam di Sampang.

Kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pudam dengan Kejari Sampang bertempat di aula Kejari Sampang pada Selasa (2/2).

Bacaan Lainnya

Salah satu poin kesepakatan kerjasama tersebut, sebagaimana disampaikan Direktur Pudam Sampang, Dani Darmawan,  melakukan penertiban pelanggan air bersih  yang tidak melanggar hukum utamanya hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (Perdatun).

“MoU ini sebagai kerjasama dalam menertibkan pelanggan PUDAM, agar tidak terjadi tunggakan dan pencurian air dengan melakukan sambungan ilegal. Kami akan mengedukasi dulu, kemudian di bulan kedua kita evaluasi dan selanjutnya baru kita eksekusi,” tuturnya, Selasa (2/2/2021).

Dani menguraikan, sebelum ketetapan adanya eksekusi lebih lanjut untuk upaya hukum, Pudam Sampang tetap memberikan edukasi lebih awal, agar masyarakat paham bahwa, tindakannya menyalahi aturan.

“Namun, jika pelanggan tetap tidak mau membayar tunggakan, maka terpaksa akan dilakukan penindakan secara proses hukum perdata. Jadi, tidak semerta-merta memberikan pelanggaran,” ulas Dani Darmawan.

Selain itu, dalam waktu dekat dirinya akan melakukan penyisiran saluran. Dalam penyisiran tersebut akan koordinasi dengan pihak Kejari, bahkan akan dilibatkan untuk ikut serta dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Agar tindakan menyalahi aturan seperti adanya sambungan ilegal itu tidak terus terjadi.

Karena, Dani sangat menginginkan PUDAM Sampang ada kemajuan dari tahun sebelumnya. Sehingga, ia berharap kepada masyarakat sebagai pelanggan PUDAM untuk ikut serta mendukung semua program yang sudah direncanakan.

“Saya harap, semua masyarakat mendukung program PUDAM, agar ada kemajuan, karena semuanya untuk kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Sampang, Maskur menuturkan, demi sebuah pelayanan yang baik, pihaknya menyatakan kesanggupannya untuk membantu PUDAM Sampang dalam memberikan bantuan hukum.

Selain itu, ia berharap Direktur PUDAM yang baru tersebut dapat mengembangkan usahanya dalam memberikan pelayanan air minum dan dapat menyehatkan kembali perusahaannya yang banyak masalah internalnya.

“Semoga di tangan mantan direktur PDAM Surabaya, PUDAM Sampang ada kemajuan, dan masalah-masalah di internal terselesaikan. Untuk kemajuan Sampang kami siap memberikan bantuan hukum,” harapnya sebagai apresiasi dirinya bersedia untuk membantu atas semua kendala yang menjadi problem dalam memajukan PUDAM tersebut.

“Terkait sumur di Desa Rubaru yang saat ini ada kendala kami juga siap membantu. Mungkin masyarakat belum paham sehingga hanya berfikir sumber itu hanya merugikan masyarakat, tidak berpikir luas bahwasanya PUDAM bisa melayani air bersih lebih luas,” pungkasnya. (mal/bri).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *